Kompas.com - 06/10/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan Apple dipaksa oleh Parlemen Eropa untuk memakai pengisi daya USB-C pada perangkat mereka seperti iPhone dan AirPods pada 2024.

Parlemen Eropa mengatakan, mereka mendukung penerapan standar pengisi daya (charger) umum yang bisa dipakai untuk semua perangkat seluler pada Selasa (4/10/2022).

Alasan menyamaratakan charger USB Type-C

Dikutip dari Macrumors, Selasa (4/10/2022), proposal yang dikenal sebagai arahan, memaksa semua produsen elektronik konsumen yang menjual produk mereka di Eropa untuk memastikan bahwa berbagai perangkat menggunakan port USB-C.

"Port umum" ini akan menjadi undang-undang pertama di dunia dan berdampak pada Apple secara khusus.

Sebab, banyak perangkat mereka yang menggunakan konektor Lightning alih-alih menggunakan USB-C.

Anggota parlemen mengklaim bahwa langkah tersebut akan mengurangi limbah elektronik, mengatasi keberlanjutan produk, dan membuat penggunaan perangkat yang berbeda menjadi lebih nyaman.

Dikutip dari Forbes, Selasa (4/10/2022), jumlah limbah elektronik yang dihasilkan oleh pengisi daya yang dibuang atau tidak digunakan di seluruh UE setiap tahun sebesar 11.000 ton.

Dukungan dari parlemen Eropa ini terwujud dari disahkannya Undang-Undang penggunaan charger USB-C dengan perolehan suara 602 mendukung, 13 suara menentang, dan 8 abstain.

Di bawah aturan baru ini, semua ponsel, tablet, dan kamera yang dijual di Uni Eropa (UE) akan diharuskan memiliki port pengisian daya USB Type-C pada akhir 2024, dan semua komputer laptop pada musim semi 2026.

Port pengisian USB Type-C sendiri banyak digunakan di hampir semua smartphone Android yang saat ini dijual di pasaran bersama dengan iPad dan Macbook Apple.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.