Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Akan Diwajibkan Ganti Charger ke USB-C pada 2024

Kompas.com - 06/10/2022, 11:05 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan Apple dipaksa oleh Parlemen Eropa untuk memakai pengisi daya USB-C pada perangkat mereka seperti iPhone dan AirPods pada 2024.

Parlemen Eropa mengatakan, mereka mendukung penerapan standar pengisi daya (charger) umum yang bisa dipakai untuk semua perangkat seluler pada Selasa (4/10/2022).

Alasan menyamaratakan charger USB Type-C

Dikutip dari Macrumors, Selasa (4/10/2022), proposal yang dikenal sebagai arahan, memaksa semua produsen elektronik konsumen yang menjual produk mereka di Eropa untuk memastikan bahwa berbagai perangkat menggunakan port USB-C.

"Port umum" ini akan menjadi undang-undang pertama di dunia dan berdampak pada Apple secara khusus.

Sebab, banyak perangkat mereka yang menggunakan konektor Lightning alih-alih menggunakan USB-C.

Anggota parlemen mengklaim bahwa langkah tersebut akan mengurangi limbah elektronik, mengatasi keberlanjutan produk, dan membuat penggunaan perangkat yang berbeda menjadi lebih nyaman.

Dikutip dari Forbes, Selasa (4/10/2022), jumlah limbah elektronik yang dihasilkan oleh pengisi daya yang dibuang atau tidak digunakan di seluruh UE setiap tahun sebesar 11.000 ton.

Dukungan dari parlemen Eropa ini terwujud dari disahkannya Undang-Undang penggunaan charger USB-C dengan perolehan suara 602 mendukung, 13 suara menentang, dan 8 abstain.

Di bawah aturan baru ini, semua ponsel, tablet, dan kamera yang dijual di Uni Eropa (UE) akan diharuskan memiliki port pengisian daya USB Type-C pada akhir 2024, dan semua komputer laptop pada musim semi 2026.

Port pengisian USB Type-C sendiri banyak digunakan di hampir semua smartphone Android yang saat ini dijual di pasaran bersama dengan iPad dan Macbook Apple.

Aturan ini harus disetujui oleh Dewan Uni Eropa sebelum diberlakukan menjadi undang-undang, tetapi persetujuan tersebut diharapkan menjadi formalitas.

Baca juga: Cek IMEI iPhone Terdaftar atau Tidak, Simak Langkahnya Berikut!

iPhone 14 Series. 

Dok. Kredivo iPhone 14 Series.

Arahan dari Parlemen Eropa

Berikut bunyi arahan yang dikeluarkan oleh Parlemen Eropa pada Selasa (4/10/2022).

"Pada akhir 2024, semua ponsel, tablet, dan kamera yang dijual di UE harus dilengkapi dengan port pengisian daya USB Type-C. Mulai musim semi 2026, kewajiban tersebut akan diperluas ke laptop.

Undang-undang baru, yang diadopsi oleh pleno pada hari Selasa dengan 602 suara mendukung, 13 menentang dan 8 abstain, adalah bagian dari upaya UE yang lebih luas untuk mengurangi limbah elektronik dan memberdayakan konsumen untuk membuat pilihan yang lebih berkelanjutan.

Di bawah aturan baru, konsumen tidak lagi memerlukan pengisi daya yang berbeda setiap kali mereka membeli perangkat baru, karena mereka akan dapat menggunakan satu pengisi daya tunggal untuk berbagai perangkat elektronik portabel berukuran kecil dan menengah.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com