Kompas.com - 16/08/2022, 06:05 WIB

KOMPAS.com - Sebelum menjalani aktivitas harian, penting untuk melakukan pemakaian skincare pagi secara berurutan, terlebih bagi pemula.

Tujuan dari penggunaan produk skincare secara berurutan ini agar manfaat atau kandungan pada produk tersebut dapat meresap dan efektif pada kulit.

Dilansir dari Healthline, (22/4/2019), berikut urutan skincare pagi bagi pemula agar kulit wajah kita tetap sehat.

1. Cuci muka dengan air

Langkah pertama untuk memulai perawatan wajah yakni membersihkan wajah dengan air atau cuci muka.

Hal ini dilakukan untuk menghapus sisa-sisa skincare malam atau riasan yang menempel.

Bisa juga dengan membersihkan wajah menggunakan spons konjak (spons pengelupasan lembut yang terbuat dari akar konjak) untuk mengangkat kotoran wajah secara alami tanpa menghilangkan minyak.

Baca juga: Dokter Richard Lee, Kartika Putri, dan Sejumlah Hal yang Perlu Diketahui Seputar Skincare...

2. Pakai toner

Setelah itu, gunakan hidrosol atau toner untuk memberi lapisan awal pada wajah sebelum menggunakan produk skincare selanjutnya, seperti serum atau lainnya.

Kandungan toner yang direkomendasikan yakni yang mengandung lavender atau mawar, karena kedua bahan ini bagus untuk membantu zat aktif menembus ke dalam kulit.

Untuk masalah kulit berjerawat, carilah toner mengandung BHA (beta hydroxy acid), seperti asam salisilat, atau AHA (alpha hydroxy acid), seperti asam glikolat atau asam laktat, yang berfungsi membuka pori-pori, mencegah jerawat, dan melarutkan komedo.

Jika memiliki kulit wajah kering, carilah produk mengandung AHA, sementara pemilik kulit berminyak tetap gunakan produk dengan BHA.

Baca juga: Banyak Sampah Skincare di Rumah, Ini Solusinya...


Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.