Pemilik Paspor Tanpa Kolom Tanda Tangan Bisa Mengajukan Pengesahan Tanda Tangan

Kompas.com - 13/08/2022, 20:15 WIB

 

KOMPAS.com – Sebuah unggahan mengenai paspor Indonesia yang ditolak di Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Jakarta, ramai diperbincangkan di media sosial.

Dilansir dari Kompas.com (13/8/2022), Ditjen Imigrasi menyatakan permohonan maaf atas permasalahan ini.

Terutama kepada masyarakat yang tengah mengajukan visa Jerman atau sudah memiliki visa namun tidak bisa berangkat ke Jerman.

"Saat ini tim dari Ditjen Imigrasi tengah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk membahas permasalahan tersebut dengan Kedutaan Jerman di Jakarta," begitu bunyi pernyataan dari Humas Ditjen Imigrasi.

Baca juga: Penjelasan Imigrasi soal Jerman Tolak Paspor RI Tanpa Kolom Tanda Tangan

Penjelasan Imigrasi

Terkait dengan unggahan tersebut, Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Amran Aris menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta untuk mendapat penyelesaian.

Menurutnya, saat ini Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian telah mengeluarkan surat edaran agar yang ingin bepergian ke Jerman dan sekitarnya bisa melakukan endorsement tanda tangan.

Edaran tersebut tertuang dalam Surat Edaran Dirlantaskim Nomor IMI.2.UM.01.01-3.3773 perihal Peneraan Tanda Tangan Pemegang Paspor RI.

Ia menjelaskan dengan adanya edaran ini maka pemegang paspor bisa mengajukan pengesahan tanda tangan di kantor imigrasi.

"Masyarakat pemegang paspor elektronik atau nonelektronik yang ingin menerakan tanda tangan pada halaman endorsement Paspor, dapat segera mengajukan permohonan di Kantor Imigrasi maupun Perwakilan RI terdekat tanpa dikenakan biaya apapun," jelas Amran dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (13/8/2022).

Amran mengatakan sesuai dengan edaran tersebut, menurutnya Kepala Divisi Keimigrasian telah diminta unutk memerintahkan kepada seluruh Kepala Kantor Imigrasi di wilayah kerjanya untuk mengakomodir permohonan peneraan tanda tangan pemegang paspor RI bagi pemegang paspor tanpa kolom tanda tangan pada halaman pengesahan (endorsement) oleh Kepala Kantor/pejabat imigrasi.

Baca juga: Panduan Mengisi Antrean Paspor Online Melalui M-Paspor

Ilustrasi paspor Indonesia desain lama dengan kolom tanda tangan dan paspor Indonesia desain baru tanpa kolom tanda tangan.Dok. bitung.imigrasi.go.id Ilustrasi paspor Indonesia desain lama dengan kolom tanda tangan dan paspor Indonesia desain baru tanpa kolom tanda tangan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.