BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Lewat #SerunyaIndonesia, TikTok Ajak Penggunanya Meriahkan HUT Ke-77 RI

Kompas.com - 13/08/2022, 14:07 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Platform digital, TikTok, mengajak penggunanya untuk ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) melalui kampanye #SerunyaIndonesia yang diselenggarakan sepanjang Agustus 2022.

TikTok bersama para komunitas kreatornya mengajak seluruh pengguna merayakan persatuan dalam keragaman sesuai dengan tema HUT ke-77 RI, yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Head of Operations TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama menjelaskan inspirasi di balik kampanye #SerunyaIndonesia dalam peringatan HUT ke-77 RI yang diangkat oleh TikTok.

Menurutnya, tema itu sesuai karena pihaknya melihat masyarakat Indonesia berhasil bahu-membahu melalui pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan tema HUT ke-77 Indonesia, kita semua ingin (Indonesia) pulih lebih cepat, (dan) bangkit lebih kuat. Di sini, kami melihat kebhinekaan menjadi salah satu kuncinya (untuk mewujudkan hal itu). Dengan semangat persatuan dalam keragaman yang menunjukan semangat serunya Indonesia, Itulah yang akhirnya kita highlight,” tutur Mahwari kepada Kompas.com, Rabu (10/8/2022).

Skema hyperlocal

Sebagai informasi, kampanye #SerunyaIndonesia terdiri dari berbagai program yang diambil dari beragam sektor, mulai dari pariwisata, pemberdayaan ekonomi kreatif, hingga pesta rakyat.

Mahwari menilai bawah sektor tersebut perlu didukung. Hal ini juga yang membuat pihaknya memilih skema hyperlocal dalam kampanye #SerunyaIndonesia.

Lebih lanjut, ia membeberkan enam program yang diadakan TikTok dalam kampanye #SerunyaIndonesia.

Pertama, Jelajah #SerunyaIndonesia yang diadakan mulai Kamis (4/8/2022) sampai Rabu (17/8/2022). Program tersebut mempromosikan pariwisata dengan mengeksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia

Jelajah wisata tersebut ditayangkan selama 77 jam melalui live streaming TikTok bersama sejumlah kreator, seperti Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta), dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak).

Program Jelajah #SerunyaIndonesia juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Tiket.com.

Baca juga: HUT Ke-77 RI, TikTok Ajak 4 Kreator Promosi Wisata Indonesia Selama 77 Jam

Kedua, #SerunyaIndonesia On The Road yang diadakan mulai Jumat (12/8/2022) hingga Rabu (17/8/2022). Program ini merupakan pelatihan yang diberikan kepada komunitas oleh para kreator terbaik TikTok. Turnamen permainan tradisional juga digelar dalam program ini.

Program #SerunyaIndonesia On The Road berlangsung di tiga kota, yaitu Surabaya, Bali, dan Medan.

Ketiga, TikTok Shop “For Your Fashion” yang digelar pada Kamis (11/8/2022) hingga Minggu (21/8/2022). Program ini merupakan dukungan TikTok kepada brand fesyen lokal melalui pameran di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Logo kampanye #SerunyaIndonesia oleh TikTok dalam memeriahkan HUT Ke-77 RI (Dok. TikTok Indonesia)TikTok Indonesia Logo kampanye #SerunyaIndonesia oleh TikTok dalam memeriahkan HUT Ke-77 RI (Dok. TikTok Indonesia)

Hal menarik dari program tersebut adalah pengguna TikTok berkesempatan mendapatkan hadiah dan fasilitas menarik dari para seller lokal dengan mengikuti hashtag challenge #TikTokShopBanggaLokal.

Keempat, #MajuBarengTikTok yang diumumkan pada Jumat (12/8/2022) untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Didukung oleh Kemenparekraf, peserta #MajuBarengTikTok akan mendapatkan pelatihan khusus selama setahun untuk memanfaatkan ekosistem TikTok, seperti TikTok For Business, TikTok Shop, dan TikTok LIVE secara maksimal.

Perlu diketahui, program tersebut tidak mengatur batasan jumlah UMKM terdaftar. Meski demikian, pihak TikTok berharap antusias pendaftar jauh lebih besar dari tahun lalu yang diikuti oleh lebih kurang 5.000 UMKM.

Baca juga: Dukung UKM, Tiktok Kembali Gelar Pelatihan Bisnis Digital

Kelima, TikTok Local Beauty Brand Playbook yang akan diluncurkan pada Selasa (30/8/2022). Ini merupakan peluncuran buku panduan untuk membantu memajukan local beauty brand di Indonesia.

Buku tersebut berisi lanskap industri kecantikan di Indonesia, meliputi tips dan trik seputar kecantikan, kisah brand kecantikan lokal yang berhasil meningkatkan bisnisnya hingga kancah internasional, serta pengalaman dalam memanfaatkan solusi bisnis dari TikTok For Business.

Keenam, Festival #SerunyaIndonesia yang menjadi puncak perayaan pada Jumat (19/8/2022). Festival tersebut akan diwarnai penampilan musik dari Slank dan aksi lukis mobil oleh kreator Alicia Eva.

Acara ini juga menghadirkan fashion show desainer Christie Basil yang menggandeng 77 kreator TikTok sebagai model, serta turnamen #SerunyaIndonesia dengan permainan tradisional dan pertandingan olahraga bersama kreator.

Sederet musisi yang akan meramaikan kampanye #SerunyaIndonesia oleh TikTok dalam memeriahkan HUT Ke-77 RI (Dok. TikTok Indonesia)
TikTok Indonesia Sederet musisi yang akan meramaikan kampanye #SerunyaIndonesia oleh TikTok dalam memeriahkan HUT Ke-77 RI (Dok. TikTok Indonesia)

Mahwari menjelaskan, untuk meramaikan kampanye #SerunyaIndonesia, pihaknya menggandeng beberapa media partner dan juga berkolaborasi dengan para kreator TikTok, public figure, serta Kemenparekraf.

Tak heran kalau kampanye tersebut mengundang antusiasme pengguna TikTok. Berdasarkan data yang dihimpun pihak TikTok hingga Rabu (10/8/2022), #SerunyaIndonesia sudah mencapai 300 juta views dan mendapatkan lebih dari 350.000 kiriman video.

"Kampanye #SerunyaIndonesia menggambarkan semangat yang ada di platform TikTok. Tempat ini menjadi wadah komunitas TikTok, termasuk UMKM dan brand, saling bersatu, dan menciptakan keseruan bersama,” ucap Mahwari.

Melalui kampanye #SerunyaIndonesia dalam peringatan HUT ke-77 RI Mahwari juga berharap dapat membawa Indonesia agar pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat melawan situasi pandemi Covid-19.

Untuk turut memeriahkan kegiatan tersebut, yuk ikuti #SerunyaIndonesia di aplikasi TikTok melalui link berikut ini.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.