Kompas.com - 13/08/2022, 12:43 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

"NGUYEN huuu..."

"Woiii Nguyen...."

"Nguyen....Nguyennnnn"

Begitu antara lain teriak-teriakan yang saya dengar ketika berbaur dengan 22.903 penonton final Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (13/8/2022) malam. Saya duduk di tribun merah, berjubel dengan penonton lain yang sebagian besar lupa pakai masker.

Wajar ada teriakan Nguyen, karena di final itu Timnas Indonesia berhadapan dengan Vietnam. Itu kali kedua mereka bertemu. Saat penyisihan grup, Indonesia mengalahkan Vietnam 2-1 dan di final Indonesia kembali menang 1-0.

Baca juga: Menpora Pastikan Pemain Timnas U-16 Dapat Beasiswa

Hujan air mata menyambut kemenangan itu. Nguyen pun tertunduk lesu. Juru taktik Vietnam, Nguyen Quoc Tuan, terdiam seolah tak percaya mengalami kekalahan dua kali. Pemain belakang Nguyen Huu Trong maupun gelandang Nguyen Cong Phuong tanpa senyum. Le Nguyen Quoc Kien, dan Nguyen Trung Nguyen tampak dingin menerawang entah kemana.

Di kesebelasan Vietnam ini memang banyak bernama Nguyen. Ternyata, senior mereka juga sama. Sebanyak 7 dari 20 pemain timnas U23 Vietnam yang bermain di Sea Games 2021, misalnya, memiliki nama Nguyen. Tersebar di posisi penjaga gawang, bek, gelandang, hingga penyerang.

Apa mau dikata, nama Nguyen memang populer di Vietnam. Mengutip Local Insider, sebanyak 46 persen penduduk Vietnam menempelkan "Nguyen" sebagai nama keluarga mereka.

Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, ketemulah data bahwa satu dari setiap tiga orang di Vietnam memiliki nama Nguyen. Selain Nguyen, nama belakang yang dipakai di Vietnam antara lain Huynh/Hoang, Bui, Tran, Phan, Do, Le, Vu/Vo, Pham, dan Dang.

Maka ada guyonan, jangan memanggil nama Nguyen di Vietnam karena khawatir semua orang akan menoleh.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.