Hati-hati, Berikut Kandungan Skincare yang Tidak Direkomendasikan untuk Ibu Hamil, Termasuk Mugwort

Kompas.com - 28/01/2021, 10:05 WIB
Ilustrasi tanaman herbal. SHUTTERSTOCK / VALENTINA_GIlustrasi tanaman herbal.

KOMPAS.com - Media sosial baru-baru ini tengah diramaikan mengenai produk skincare atau produk perawatan wajah berbahan mugwort (Artemisia).

Beberapa produk perawatan kulit berbahan mugwort tersebut salah satunya yakni masker wajah.

Diketahui, mugwort merupakan salah satu tanaman herbal yang tumbuh di Korea.

Tanaman ini memiliki manfaat sebagai anti-bakteri, anti inflamasi, anti fungal, membantu mengatasi bruntusan, dan mencegah iritasi dan gatal pada kulit.

Baca juga: Kenali Linea Nigra, Garis Samar yang Ada di Perut Perempuan

Namun, amankan penggunaan mugwort pada ibu hamil?

Dokter spesialis kulit RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Purwokerto, dr Ismiralda Oke Putranti mengimbau kepada masyarakat, terutama ibu hamil agar jangan dulu menggunakan produk skincare berbahan mugwort.

Menurutnya, mugwort (Artemisia) disebut memicu keguguran.

"Untuk mugwort Artemisia ini dikatakan tidak aman untuk ibu hamil, karena dapat memicu keguguran," ujar Ismiralda saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Mengenal Toksoplasma, Gejala, dan Pencegahannya

Penelitian terdahulu

Terkait efek mugwort, Ismiralda mengatakan bahwa pada penelitian terdahulu disebutkan bahwa mugwort ternyata digunakan untuk mengatur siklus menstruasi pada orang-orang yang mengalami gangguan menstruasi.

Bahkan mugwort dapat menyebabkan kontraksi pada rahim, sehingga berisiko menimbulkan risko keguguran pada ibu hamil.

Namun, efek ini muncul pada penelitian penggunaan mugwort secara oral.

"Untuk efek pada penggunaan secara topikal atau dioleskan belum ada penelitan yang sahih menyatakan manfaat maupun efek sampingnya," kata dia.

Ia menambahkan, dalam beberapa artikel testomoni menyebutkan bahwa mugwort dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah.

Baca juga: Bersihkan Jerawat dan Komedo Sendiri, Apakah Aman?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X