Simak, Apa Saja Syarat Kenaikan Pangkat Prajurit TNI?

Kompas.com - 27/01/2021, 16:05 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menerima laporan kenaikan pangkat 11 perwira tinggi (Pati) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/11/2020). Puspen Mabes TNIPanglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menerima laporan kenaikan pangkat 11 perwira tinggi (Pati) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/11/2020).

KOMPAS.com - Sebanyak 22 perwira tinggi TNI disebutkan menerima kenaikan pangkat dalam acara yang berlangsung di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa (26/1/2021).

Adapun 22 perwira tinggi (pati) yang menerima kenaikan pangkat terdiri dari 5 pati TNI AD, 6 pati TNI AL, dan 11 pati TNI AU.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut Edys Riyanto menyampaikan bahwa laporan korps kenaikan pangkat 22 pati TNI tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/170/I/2021 tanggal 25 Januari 2021.

Baca juga: TNI AD Buka Rekrutmen Tamtama, Bintara, dan Taruna Akmil 2021, Simak Persyaratan hingga Cara Daftarnya...

Lantas, apa saja syarat kenaikan pangkat bagi prajurit TNI ?

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad mengatakan, ada sejumlah aturan mengenai kenaikan pangkat yang wajib ditempuh oleh prajurit tertentu.

" Kenaikan pangkat bagi Prajurit TNI diatur dalam Peraturan Panglima TNI Nomor 50 Tahun 2015 dan Nomor 40 Tahun 2018 tentang Kepangkatan Prajurit TNI," ujar Achmad saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/1/2021).

Adapun sejumlah persyaratan itu berlaku bagi prajurit TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU.

Baca juga: Perjalanan Karier Boy Rafli Amar, Perwira Polri yang Kini Pimpin BNPT

Berikut rincian persyaratan kenaikan pangkat Reguler Perwira:

1. Telah menduduki jabatan penuh dalam jabatan berdasarkan keputusan dari pejabat yang berwenang.

2. Memenuhi norma waktu kenaikan pangkat, contohnya bagi golongan kepangkatan Pama sampai dengan Pamen ditentukan berdasarkan Masa Dinas Perwira (MDP) dan Masa Dinas Dalam Pangkat (MDDP).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X