Bersihkan Jerawat dan Komedo Sendiri, Apakah Aman?

Kompas.com - 28/09/2020, 06:30 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com - Jerawat dan komedo merupakan dua hal yang dipandang bisa mengganggu penampilan seseorang.

Oleh karena itu, banyak cara dilakukan untuk bisa membersihkan keduanya dari area wajah, salah satunya adalah dengan memencet atau mencabutnya, baik di salon atau klinik kecantikan, maupun secara swadaya.

Membersihkan komedo atau jerawat secara swadaya bisa dilakukan menggunakan pinset khusus yang banyak dijual di sekitar kita.

Namun, apakah memencet jerawat dan mencabut komedo menggunakan pinset tersebut secara swadaya aman bagi kesehatan kulit? atau justru sebaliknya, karena tanpa pemahaman teknis yang benar.

Baca juga: Jerawat di Dalam Hidung, Jangan Dianggap Remeh

Menanggapi hal itu, dokter spesialis kulit sekaligus dosen di FK Universitas Mataram, dr Dedianto Hidajat, menyebut tidak ada masalah membersihkan jerawat atau komedo dengan sejumlah peralatan, selama alat-alat tersebut terjaga kebersihannya.

"Menggunakan pinset-pinset yang dijual bebas, selama pinset atau alat pencet komedo itu steril ya enggak masalah, minimal bersih dan higienis. Kalau egngak bersih dan higienis risiko malah jadi infeksi," kata Dedi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Hanya saja ia mengingatkan, proses swadaya ini sebisa mungkin jangan dilakukan pada jerawat batu atau jerawat yang aktif.

Baca juga: Ramai soal Clindamycin Phosphate Disebut Ampuh Obati Jerawat, Ini Penjelasan Dokter

Lalu bagaimana cara memastikan alat-alat yang kita gunakan steril? Cukupkah hanya menggunakan air bersih?

Dedi menegaskan hal itu tidak cukup. Sebaliknya, ada sejumlah metode yang bisa digunakan untuk mensterilkan alat-alat ini.

Pertama, Dedi menekankan alat seperti pinset komedo ini merupakan milik pribadi dan tidak dugunakan bersama-sama, atau dipinjam-pinjamkan.

Baca juga: Pakai Masker di Masa Pandemi Bisa Picu Jerawat? Berikut Cara Mengatasinya...

Ilustrasi jerawat di hidungShutterstock Ilustrasi jerawat di hidung

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X