Kapolri Wacanakan Penghapusan Tilang di Jalan, Ini Kata Pengamat Transportasi

Kompas.com - 27/01/2021, 16:30 WIB
Kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAKamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo resmi melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisisan Republik Indonesia, Rabu (27/1/2021). Pelantikan dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pukul 09.30 WIB.

Seusai dilantik, Sigit mengungkapkan, akan segera menjalankan program yang sebelumnya telah dia sampaikan dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI.

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (20/1/2021) dalam uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III, Sigit mengungkapkan keinginannya untuk meniadakan tilang lalu lintas di jalan.

Baca juga: Menyambut Mimpi Kapolri Baru: Tilang Tanpa Polisi

Dia ingin, nantinya Polantas yang bertugas di jalan hanya fokus menjalankan tugas mengatur lalu lintas. Sementara itu, penilangan tetap ada, tetapi dilakukan secara otomasi melalui electronic traffic law enforcement ( ETLE).

"Yang kami hindarkan adalah interaksi anggota dengan masyarakat yang menimbulkan potensi penyalahgunaan kewenangan," kata Sigit dalam uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).

Integrasi sistem

Menanggapi wacana penghapusan tilang di jalan, pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan, hal itu merupakan sesuatu yang positif.

Namun meskipun demikian menurut Djoko, perlu persiapan matang sebelum program itu digulirkan, meliputi regulasi dan infrastruktur pendukung untuk menjalankan sistem ETLE.

"Sebenarnya model penilangan kita itu, manual itu, terkadang juga memberikan citra buruk untuk Polisi, tapi ketika mau melangkah ke model yang lebih modern lagi, ini juga butuh anggaran yang tidak sedikit," kata Djoko saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/1/2021).

Djoko menyebut, dalam hal kesiapan infrastruktur pendukung ETLE, Kepolisian bisa menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah, atau dengan Kementerian Perhubungan.

"Jadi Polisi enggak perlu buat baru lagi. Kameranya (CCTV) satu saja. Masa iya nanti ada kamera Polisi, kamera Dishub, untuk apa?" kata Djoko.

Baca juga: Begini Cara Menyanggah Surat Tilang Elektronik dari Polisi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X