Indofood Akan Buat Mi Instan dari Sorgum sebagai Pengganti Gandum, Apa Itu?

Kompas.com - 14/08/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Antisipasi krisis pangan global terutama gandum, Kementerian Pertanian (Kementan) mencari alternatif bahan baku lokal seperti sorgum.

Mendukung upaya tersebut, PT Indofood Sukses Makmur Tbk berencana mengembangkan sorgum sebagai alternatif gandum untuk membuat mi instan.

Menurut Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Fransiscus Welirang, sorgum adalah tanaman asli Indonesia yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pangan nasional.

"Kita dengan Pak Mentan SYL memperbincangkan banyak hal, tapi intinya bagaimana kita saat ini bisa mengembangkan bahan baku lokal seperti sorgum. Jadi, nanti ada program pengembangan tanaman sorgum bersama-sama," ujar Franky, dikutip dari Kompas.com (13/8/2022).

Lantas, apa itu sorgum?

Baca juga: Indofood Dukung Bahan Baku Lokal untuk Mi Instan

Mengenal sorgum

Dilansir dari laman Kementan, sorgum adalah biji-bijian yang memiliki bentuk tanaman hampir serupa dengan jagung.

Sorgum atau yang kerap disebut cantel ini biasa digunakan sebagai pakan ternak, bahan dasar energi biodiesel, dan bahan pangan.

Biji sorgum berbentuk seperti jagung, tetapi berukuran lebih kecil. Sebagai bahan makanan, sorgum bisa diolah menjadi sereal, bubur, tepung, roti, kue, atau sirup.

Meski bisa dibudidayakan di Indonesia, tanaman ini mulanya berasal dari benua Afrika.

Adapun menurut huffpost, sorgum adalah tanaman yang populer di daerah kering.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.