Dikenai Pasal Pembunuhan Berencana, Bagaimana Keterlibatan Brigadir RR dalam Kematian Brigadir J?

Kompas.com - 08/08/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri) menetapkan satu tersangka baru atas kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas eks Kepala Divisi Protokol dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri, Irjen Ferdi Sambo, 8 Juli 2022

Tersangka baru itu adalah ajudan dari Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, yakni Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR.

Bagaimana keterkaitan Brigadir RR dalam peristiwa itu sehingga ia ditetapkan sebagai tersangka menyusul Bharada Richard Eliezir Pudihang Lumiu atau Bharada E yang telah ditetapkan menjadi tersangka sebelumnya?

Ada di tempat kejadian

Saat dugaan baku tembak antara Bharada E dan Brigadir J terjadi, Brigadir RR ada di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Dengan demikian, ia menjadi orang yang secara langsung menyaksikan bagaimana adegan penembakan terhadap Brigadir J itu terjadi.

Baca juga: Komnas HAM Ungkap Kesaksian Bharada E dan Ajudan Bernama Ricky soal Baku Tembak di Rumah Ferdy Sambo

Kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Brigadir RR memberikan keterangan terkait kejadian yang ia saksikan.

Saat keributan berlangsung, Brigadir RR mengaku sedang ada di kamarnya yang terletak di lantai 1.

Ia mendengar istri Ferdy Sambo berteriak, kemudian melihat Brigadir J menodongkan pistol ke arah lantai dua.

"Ricky keluar dari kamar di bawah dan melihat Yosua. (Tetapi) dia tidak melihat orang (di lantai dua)," ujar Ketua Komisioner Komisi Nasional H (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik, Jumat (5/8/2022).

Setelah Brigadir J terkapar, Brigadir RR mengaku melihat ke arah lantai dua dan melihat ada Bharada E di lantai atas rumah dinas tersebut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.