Hari Kucing Sedunia, Sejak Kapan Kucing Bersahabat dengan Manusia?

Kompas.com - 08/08/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Hari Kucing Sedunia diperingati setiap tanggal 8 Agustus, dicanangkan demi merayakan persahabatan antara kucing dengan manusia.

Kucing menjadi salah satu hewan domestik atau binatang peliharaan manusia, selain anjing, burung, hamster, dan masih banyak lagi.

Kucing masa kini atau kucing rumahan, bisa leluasa hidup enak di dalam rumah. Makanan sudah tersedia, toilet bersih juga disiapkan, dan kucing bisa bebas berkeliaran di dalam rumah untuk bermalas-malasan, bermain, kemudian tidur meringkuk di sofa atau tempat tidur milik manusia.

Layaknya hewan domestik lain, dulunya kucing juga hewan liar yang hidup di alam bebas, tak mengenal persahabatan dengan manusia.

Lantas kapan kucing mulai jadi hewan domestik? Sejak kapan kucing mulai bersahabat dengan manusia?

Baca juga: Sejarah Kucing, Kapan Kucing Mulai Jadi Hewan Domestik

Persamaan tengkorak

Dilansir dari Smithsonianmag, ahli sejarah membutuhkan waktu cukup lama untuk mencari jawaban pasti mengenai pertanyaan di atas.

Masalah yang ditemukan adalah, stuktur tengkorak kucing domestik dan kucing liar ternyata sama persis, cenderung tak memiliki banyak perbedaan.

Hal inilah yang membuat para ahli susah menerka-nerka soal tahun asal ketika mereka menemukan fosil kucing dari segala penjuru dunia. Karena bisa jadi, fosil yang dikira kucing domestik ternyata adalah fosil kucing liar alias kucing hutan. Begitu juga sebaliknya.

Di tahun 1983, beberapa ilmuwan menemukan tengkorak kucing di Cyprus, yang diperkirakan berasal dari 8.000 tahun yang lalu. Namun ketika itu ilmuwan masih ragu, apakah itu fosil kucing domestik, atau fosil kucing liar.

Baru di tahun 2004, beberapa ilmuwan kembali menemukan kerangka kucing di Cyprus yang sudah berusia 1.500 tahun, yang terkubur berdekatan dengan kerangka manusia. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.