Hari Kucing Sedunia 8 Agustus: Sejarah, Twibbon, dan Perayaan Google

Kompas.com - 08/08/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Hari ini, 8 Agustus, merupakan peringatan Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day

Kucing merupakan mamalia dengan empat kaki, ekor, dan cakar. Hewan berbulu ini sudah menjadi peliharaan manusia sejak zaman kuno.

Dilansir dari Kompas.com, sebelum hidup berdampingan dengan manusia, kucing adalah hewan liar di dataran Afrika yang gemar berburu.

Baca juga: Mengapa Orang Mesir Kuno Terobsesi dengan Kucing? Ini Alasannya

Catatan sejarah manusia pertama tentang kucing ditemukan dalam budaya Peradaban Mesir Kuno. Kala itu, kucing dianggap sebagai dewa dan menerima pemujaan dari orang Mesir.

Adapun Hari Kucing Sedunia adalah perayaan tahunan yang bertujuan meningkatkan kesadaran manusia tentang kucing, termasuk cara melindungi dan memelihara mereka.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Kucing Sedunia?

Sejarah Hari Kucing Sedunia

Dikutip dari National Today, setelah peradaban Mesir Kuno runtuh, kucing dimanfaatkan oleh orang-orang Yunani dan Romawi sebagai pengendali hama.

Namun, selama Abad Pertengahan di Eropa, kucing menjadi hewan paling diburu untuk dibunuh karena dikaitkan dengan wabah Black Death.

Sementara itu, kucing adalah bawaan wajib di kapal Amerika. Sebab, hewan ini berguna untuk mengurangi hama dan penyakit yang mungkin ada di kapal.

Perayaan International Cat Day sendiri baru digelar pada 2002 oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW).

IFAW adalah salah satu organisasi kesejahteraan hewan terbesar di dunia yang berbasis di Kanada.

Dilansir dari Hindustan Times, perayaan Hari Kucing Sedunia kemudian diambil alih oleh Cat Care, sebuah organisasi nirlaba di Inggris.

Cat Care didirikan pada 1958 oleh pencinta kucing yang menyebarkan informasi tentang kesehatan dan kesejahteraan hewan ini.

Baca juga: 6 Cara untuk Merayakan Hari Kucing Sedunia

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.