Kompas.com - 22/01/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Kucing dan tikus tak pernah bersekutu, paham ini telah dipercaya dari masa ke masa.

Kucing sendiri sudah bersahabat dengan manusia sejak kurang lebih 4000 tahun yang lalu.

Melansir dari National Geographic,  bangsa Mesir Kuno adalah bangsa yang dipercaya pertama kali memelihara dan menjadikan kucing sebagai hewan rumahan, sahabat manusia.

Dimulai dari keinginan membasmi hama tikus, kemudian menjadi sebuah pemujaan. Jadi sedari ribuan tahun yang lalu, kucing sudah diajak tinggal satu atap bersama manusia karena kucing memiliki keahlian berburu tikus secara mumpuni.

Pemujaan bangsa Mesir Kuno pun berlanjut dari tahun ke tahun. Hingga ketika seekor kucing mati, kucing akan dimumikan bersama makanan favoritnya, yaitu tikus. 

Hal ini semakin mempertegas bahwa hubungan kucing dan tikus sedari dulu selalu penuh seteru. Satu adalah buruan, dan satu lagi adalah sang pemburu.

Baca juga: Bukan Hanya Minta Makan, Ini Alasan Kucing Menatap Kita Berlama-lama

Mengapa kucing suka berburu tikus

Mengapa kucing tertarik pada tikus? Jawabannya adalah sederhana, karena kucing adalah karnivora alias pemburu, dan tikus adalah target yang mudah didapatkan di sekitar habitat kucing.

Tikus juga berukuran kecil, jauh lebih kecil daripada ukuran kucing. Sehingga tikus pun mudah ditaklukkan menggunakan kuku-kuku kucing yang kecil, juga mulutnya yang mungil.

Selain itu, kucing yang suka bermain, juga menyenangi tikus yang suka melakukan gerakan-gerakan yang mendadak dan tak terduga. Berburu tikus seakan memuaskan dua kebutuhan kucing, yaitu kebutuhan untuk berburu mangsa dan kebutuhan untuk bermain.

Ilustrasi kucing - Kucing sedang memburu.SHUTTERSTOCK / Sergey Zaykov Ilustrasi kucing - Kucing sedang memburu.
Meski begitu, ternyata tak semua kucing domestik masa kini menyukai kegiatan berburu tikus. Ada beberapa kucing yang terlihat tak peduli ketika ada tikus lewat di sekitar mereka.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.