Kompas.com - 18/01/2022, 15:00 WIB
Kucing menatap manusia sebagai alat untuk berkomunikasi. Unplash/Pacto VisualKucing menatap manusia sebagai alat untuk berkomunikasi.

KOMPAS.com - Kucing berkomunikasi lewat berbagai cara. Mulai lewat suara meongnya, lewat kibasan ekornya, hingga lewat tatapan matanya.

Semua pemilik kucing pasti pernah merasa terintimidasi dengan tatapan kucing-kucing milik mereka.

Seperti tengah tidur dan terbangun karena merasa ada yang tengah mengamati dan ternyata memang kucing kita tengah menatap tajam dari sudut ruangan sana.

Atau ketika kita tengah memasak dan kucing menatap kita sambil mengeong tanpa henti di bawah kaki kita.

Apa sebenarnya yang kucing mau ketika mereka menatap kita berlama-lama seperti itu? Apakah mereka lapar dan meminta makan? 

Baca juga: Bukan karena Kotor, Kucing Membersihkan Diri dengan Alasan Ini

Alasan kucing menatap kita

Ada banyak alasan mengapa kucing menatap kita tanpa berlama-lama.

Untuk mengetahui alasannya, kita harus melihat bahasa tubuh kucing secara keseluruhan, dari ujung mata hingga ujung ekornya.

1. Kucing tengah bahagia

Ketika kucing menatap kita, perhatikan ekornya. Apakah ekornya berdiri tegak atau santai, atau malah menekuk ke bawah tubuhnya?

Jika kucing menatap kita sambil berkedip pelan, itu tanda kucing sayang terhadap kita.Unsplash/Jesson Mata Jika kucing menatap kita sambil berkedip pelan, itu tanda kucing sayang terhadap kita.
Melansir Pet MD, ketika kucing menatap kita dengan gestur tubuh santai dan sekali-kali mengedipkan matanya perlahan, itu tandanya kucing tengah bahagia dan menyatakan rasa sayangnya ke kita dan ingin berdekatan dengan kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.