Kompas.com - 18/01/2022, 12:30 WIB
Tangkapan layar unggahan dari warganet yang mempertanyakan koper berukuran besar apakah bisa dibawa masuk kereta. FACEBOOKTangkapan layar unggahan dari warganet yang mempertanyakan koper berukuran besar apakah bisa dibawa masuk kereta.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan dari warganet yang mempertanyakan koper berukuran besar apakah bisa dibawa masuk kereta, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibagikan akun ini di grup Facebook Komunitas Pecinta Kereta Api Indonesia (KPKAI), Minggu (16/1/2022).

"Hallo boleh minta infonya,, koper seperti itu apa bisa masuk naik kereta?,, rencana mau pulang dari jakarta ke tulungagung,," demikian tulis pemilik akun.

Hingga Selasa (18/1/2022) siang, unggahan tersebut telah disukai 159 kali, dikomentari 134 kali, dan dibagikan dua kali oleh warganet Facebook.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kecelakaan Kereta Api Terburuk di Australia, 83 Orang Tewas

Lantas, seperti apa aturan barang bawaan penumpang kereta api (KA) jarak jauh?

Berat maksimal 20 kilogram

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa  menegaskan, aturan barang bawaan penumpang kereta api (KA) jarak jauh masih sama dengan sebelum-sebelumnya dan belum ada perubahan.

"Masih sama," katanya kepada Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Sebelumnya, Eva menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait aturan barang bawaan penumpang KA jarak jauh.

Eva mengatakan, sesuai aturan yang berlaku, KAI telah menetapkan bahwa setiap penumpang diberikan bagasi gratis sampai berat maksimum 20 kilogram.

"Volume maksimum 100 dm3 (dimensi maksimal 70x48x30 sentimeter) dan sebanyak-banyaknya terdiri dari empat koli (item bagasi)," ujar Eva, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat, 29 Oktober 2021.

Baca juga: Ramai soal Harga Kopi di Kereta Api Disebut Lebih Mahal Dibandingkan yang Dijual di Warung Pinggir Jalan, Kok Bisa?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.