Kompas.com - 19/01/2022, 17:00 WIB
Jika stok pasir kemasan habis, Anda bisa menggunakan bahan pengganti seperti pasir biasa dan serpihan kertas. Unsplash/Little RobotJika stok pasir kemasan habis, Anda bisa menggunakan bahan pengganti seperti pasir biasa dan serpihan kertas.

KOMPAS.com - Ketika simpanan pasir untuk kotak kucing semakin menipis dan toko perlengkapan satwa juga kehabisan stok, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan bahan-bahan lain sebagai pengganti pasir kemasan khusus kucing.

Bahan pengganti ini juga bisa menjadi sarana menghemat pundi-pundi, mengingat harga pasir kemasan cukup tinggi, apalagi pasir kemasan dengan kualitas wangi dan bisa menyerap cairan secara sempurna.

Agar kucing mau buang air besar dan air kecil di bahan pengganti ini, Anda perlu melatih kucing selama beberapa waktu.

Caranya adalah dengan mencampurkan pasir kemasan yang sudah ada di dalam litter box dengan bahan-bahan pengganti ini.

Dengan begitu, kucing masih akan tetap mengenali bahwa litter box-nya adalah toilet khusus untuk mereka BAB atau buang kotoran.

Baca juga: Bukan Hanya Minta Makan, Ini Alasan Kucing Menatap Kita Berlama-lama

Berikut ini adalah bahan pengganti pasir kemasan yang bisa Anda gunakan:

1. Pasir biasa

Untuk penghematan, campur pasir kemasan dengan pasir biasa yang sudah diberi baking soda.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Untuk penghematan, campur pasir kemasan dengan pasir biasa yang sudah diberi baking soda.
Melansir dari Real Living, Anda bisa membeli pasir dari toko bahan bangunan yang ada di sekitar tempat tinggal. Pasir ini jelas lebih murah dibanding pasir kemasan khusus untuk kucing. 

Pastikan pasir yang ada dalam kondisi kering, tidak ada kelembaban sama sekali. Kemudian campurlah pasir dengan baking soda, agar pasir bisa menyerap bau tak sedap dengan optimal.

Baru setelahnya, masukkan pasir ke dalam kotak pasir kucing, aduklah rata dengan sisa pasir kemasan yang masih ada.

Baca juga: Bukan karena Kotor, Kucing Membersihkan Diri dengan Alasan Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.