Kompas.com - 25/05/2022, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Jalur Mandiri atau Seleksi Mandiri adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Jalur ini berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) yang digelar oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Jalur Mandiri diselenggarakan oleh PTN yang bersangkutan dan jadwal pelaksanaan Jalur Mandiri ini juga berbeda di tiap universitas.

Beberapa PTN membuka seleksi Jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK SBMPTN sehingga calon mahasiswa tidak perlu melaksanakan ujian tertulis, berikut ini daftarnya:

Baca juga: 4 PTN yang Buka Jalur Mandiri atau Jalur Prestasi, Mana Saja?

1. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta merupakan PTN yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah.

Dilansir dari laman instagram @spmbuns, Jalur Mandiri atau Seleksi Mandiri UNS dibuka dalam beberapa kategori, salah satunya Seleksi Mandiri (SM) Jalur Nilai UTBK.

SM Jalur nilai UTBK ini memungkinkan calon mahasiswa untuk mendaftar sebagai mahasiswa UNS tanpa melakukan ujian tertulis. Mereka bisa mendaftar menggunakan nilai UTBK.

Persyaratan (SM) Jalur Nilai UTBK:

  • Mengikuti dan memiliki Nilai UTBK 2022 yang diselenggarakan LTMPT
  • Mengikuti tes wawancara.

SM Jalur nilai UTBK ini akan dibuka mulai 1-26 Juni 2022.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) juga membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mendaftar menggunakan nilai UTBK.

Komponen penilaian jalur SM-ITB:

  • Hasil UTBK dan nilai rapor bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD
  • Hasil UTBK dan nilai rapor, hasil kemampuan seni rupa, bagi pendaftar ke FSRD.

Dilansir dari laman ITB, SM-ITB tidak menetapkan nilai rapor minimum dan/atau nilai UTBK minimum sebagai persyaratan peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Seleksi dilaksanakan berdasarkan capaian terbaik dari nilai rapor dan nilai UTBK peserta.

Khusus bagi pendaftar FSRD, selain berdasarkan nilai rapor dan nilai UTBK, seleksi juga mempertimbangkan hasil Tes Kemampuan Seni Rupa, yang akan diselenggarakan ITB secara luring.

Jalur SM-ITB juga menerima mahasiswa kurang mampu yang memiliki KIP-K atau kemampuan ekonomi setara dengan kriteria syarat KIP-K.

Tak hanya siswa lulusan 2022, siswa lulusan 2020 dan 2021 dipastikan dapat mendaftar SM-ITB 2022 asalkan memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Farmasi Jalur Mandiri di UGM, UI, hingga Unpad

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.