Kompas.com - 24/05/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Sebuah video yang disebutkan sebagai detik-detik jebolnya tanggul di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, viral di media sosial Twitter.

Video tersebut diunggah oleh akun ini pada Senin (23/5/2022) sore.

Video viral itu memperlihatkan sebuah tanggul yang jebol sehingga airnya meluap ke permukiman warga.

Luapan air tersebut mengalir dengan arus yang cukup kencang. Bahkan beberapa warga dalam video tersebut sempat terseret arus.

"Tanggul Tanjung Emas Semarang jebol," tulis pengunggah dalam twitnya.

Pengunggah juga memposting video luapan air tanggul yang diduga menggenangi jalan raya. Ketinggian air tersebut setara dengan tinggi kendaraan bermotor. 

Hingga Selasa (24/5/2022) pukul 13:30 WIB, video viral tersebut telah disukai oleh 8.299 dan diretwet oleh 3.838 warganet. Bahkan sebanyak 472 warganet juga meninggalkan komentar di video tersebut.

Baca juga: Apa Itu Banjir Rob seperti yang Menggila di Pesisir Utara Jateng: Penyebab hingga Dampaknya

Kronologi kejadian

Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Jateng, Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Hariadi mengatakan, peristiwa jebolnya tanggul Tanjung Emas, Semarang terjadi di Kawasan Berikat PT. Lamicitra Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Kejadian tersebut terjadi Senin (23/5/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Ada dua titik tanggul yang jebol," ungkapnya, saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

Sebelumnya, BMKG Maritim Pelabuhan Tanjung Emas Semarang memperkirakan luapan air rob di pesisir utara Jawa Tengah itu terjadi karena air laut yang pasang sejak pagi, yakni 07.00 WIB.

Tinggi minimum pasang air laut saat itu mencapai 0,50 meter. Sementara ketinggian maksimumnya mencapai 1,10 meter pada pukul 14.00 WIB di hari yang sama.

Hingga pukul 15.00 WIB, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Retno Widyaningsih memastikan banjir air rob terjadi di Pesisir Utara Jawa Tengah tanggal 23 Mei 2022 Pukul 15.00 WIB.

Baca juga: FOTO: Diterjang Banjir Rob, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Lumpuh, 10.000 Kendaraan Terendam

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
STAND UP COMEDY INDONESIA
Kompilasi Stand Up Babe Cabita, Ah Sudahlaahhh~
Kompilasi Stand Up Babe Cabita, Ah...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.