Lubang Hitam Ternyata Punya Suara, Ini Bunyi yang Tertangkap dari Jarak 240 Juta Tahun Cahaya

Kompas.com - 22/05/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Ilmuwan NASA telah menangkap suara di seluruh alam semesta, dari jeritan lubang hitam (blackhole) hingga ledakan gas dari bintang-bintang yang jauh.

Diberitakan Populer Science, 20 Mei 2022, awal bulan ini (4 Mei 2022) NASA merilis rekaman pertama atau sonifikasi tentang seperti apa suara dari dua lubang hitam.

Alam semesta penuh dengan senandung melodi surgawi, tetapi baru belakangan ini manusia mengembangkan teknologi untuk dapat mendengarnya.

Sebuah tim ilmuwan di Chandra X-ray Observatory NASA mampu mengekstraksi dan membuat gelombang suara yang telah disimpan dapat didengar manusia.

Gelombang suara itu berasal dari klaster galaksi Perseus yang berusia hampir 20 tahun. Itu adalah kumpulan galaksi, salah satu klaster terdekat dengan bumi yaitu sekitar 240 tahun cahaya.

Dikutip Sky, 6 Mei 2022, ini adalah kali pertama para astronom menemukan bahwa riak dalam gas panas yang mengelilingi lubang hitam Perseus dapat diterjemahkan menjadi suara.

Baca juga: NASA Mengonfirmasi Inti Komet Terbesar, Ini Jaraknya dari Bumi

NASA menjelaskan cara para ilmuwan mengubah gelombang suara itu agar dapat didengar manusia.

Caranya, gelombang suara disintesis ulang ke dalam jangkauan pendengaran manusia dengan meningkatkannya 57 dan 58 oktaf di atas nada sebenarnya, tetapi tidak diputar ulang menggunakan biola atau instrumen lain.

Audio yang dihasilkan terdengar menakutkan seperti musik Hans Zimmer, komposer yang telah menulis soundtrack untuk hits fiksi ilmiah antara lain Blade Runner 2049 dan Interstellar.

Di masyarakat ada anggapan bahwa tidak ada suara di luar angkasa, karena sebagian besar ruang adalah ruang hampa sehingga gelombang suara tidak bisa merambat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.