Kompas.com - 21/05/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Ova Emilia terpilih menjadi rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022-2027.

Ova Emilia memperoleh suara terbanyak dengan mengalahhkan dua kandidat lainnya pada tahapan Pemilihan dan Penetapan Rektor oleh Majelis Wali amanat (MWA) UGM.

“Kami sudah melakukan voting, dan hasilnya adalah Prof. Bambang Agus Kironoto memperoleh satu suara, Prof. Deendarlianto tiga suara, dan Prof. Ova Emilia memperoleh 21 suara. Dengan demikian calon rektor terpilih adalah Prof. Ova Emilia,” terang Ketua MWA UGM, Prof. Dr. Pratikno, dikuti dari laman UGM, Jumat (20/5/2022).

Rektor baru UGM tersebut terpilih setelah melakukan rangkaian proses seleksi bakal calon rektor yang berlangsung sejak 24 Januari 2022.

Nantinya, MWA akan melantik Ova Emilia sebagai rektor baru UGM pada 27 Mei 2022. Hal tersebut menandai akhir dari proses seleksi yang dilakukan.

“Karena masa jabatan Rektor saat ini, Prof. Panut Mulyono, akan segera selesai, MWA akan melakukan pelantikan dalam waktu dekat,” imbuh Pratikno.

Baca juga: Prof. Ova Emilia Terpilih Jadi Rektor Baru, Warga UGM Menaruh Harapan Ini

Profil Ova Emilia

Perlu diketahui, Ova Emilia merupakan merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM yang juga menjabat sebagai Dekan sejak tahun 2016.

Wanita kelahiran Yogyakarta, 19 Februari 1964 ini menamatkan pendidikan sarjana di UGM pada tahun 1987, dan kemudian melanjutkan studi S2 di University of Dundee, Skotlandia, pada tahun 1990.

Selain menjadi Dekan, ia juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia sejak tahun 2018. Penghargaan yang pernah ia terima di antaranya First prize for young gynecologist award tahun 1998 dan SIDA Award tahun 2006.

Lantas, siapa saja rektor-rektor perempuan yang pernah memimpin berbagai universitas di Indonesia?

Baca juga: Profil Ova Emilia, Rektor UGM Terpilih Periode 2022-2027

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.