Kompas.com - 16/05/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Video angin puting beliung yang menerjang Kelurahan Cipamokolan, Bandung, viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun ini pada Minggu (15/5/2022).

"Angin puting beliung di Cipamokolan Bandung (14/5/2022)," tulis akun tersebut.

Video yang berdurasi 26 detik itu memperlihatkan atap rumah warga yang terbuat dari material seng berhamburan diterjang angin kencang.

Selain itu, gemuruh suara angin juga terdengar di sepanjang video. Sementara itu, suara warga terdengar berkata, "Puting beliung."

Hingga Senin (16/5/2022) sore, video tersebut telah ditonton oleh 2,8 juta pengguna dan disukai oleh 76,1 ribu pengguna akun Tik Tok.

Baca juga: Video Viral Sebut Angin Puting Beliung di Bali, BMKG: Itu Waterspout

Kronologi kejadian

Dilansir dari KompasTV, angin puting beliung melanda Kelurahan Cipamokolan Bandung pada Sabtu (14/5/2022). Peristiwa itu terjadi sekitar 5 menit.

Warga mengaku tidak melihat adanya tanda-tanda akan terjadi angin puting beliung seperti hujan atau petir.

Peristiwa tersebut dilaporkan tidak memakan korban jiwa. Kendati demikian, tiga lapak pedagang di sekitar lokasi peristiwa mengalami kerusakan akibat tertimpa dahan pohon besar.

Baca juga: Viral, Video Angin Puting Beliung di Desa Slangit Cirebon, Ini Penjelasan BNPB

Penjelasan BMKG

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin menjelaskan bahwa fenomena angin kencang yang menyerupai belalai berasal dari awan jenis Cumulonimbus (CB) dan terjadi di daratan.

"Puting beliung terbentuk dari sistem awan jenis CB, tetapi yang perlu dipahami adalah tidak semua awan CB dapat menimbulkan fenomena puting beliung," terangnya, saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/5/2022).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.