Viral, Video Angin Puting Beliung di Desa Slangit Cirebon, Ini Penjelasan BNPB

Kompas.com - 03/01/2021, 17:30 WIB
Video viral yang beredar merekam peristiwa angin puting beliung di Slangit, Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (2/1/2020). InstagramVideo viral yang beredar merekam peristiwa angin puting beliung di Slangit, Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (2/1/2020).

KOMPAS.com – Sebuah video yang merekam angin puting beliung di Desa Slangit, Cirebon, Jawa Barat, viral di media sosial Instagram.

Salah satunya diunggah oleh akun @aboutcirebonid.

Akun tersebut menuliskan narasi:

“Sore tadi terjadi hujan disertai angin kencang/puting beliung di desa Slangit Kec. Klangenan Kab. Cirebon, Sabtu (02/01/2021). Beberapa bangunan rumah mengalami kerusakan. Semoga para warga diberikan ketabahan dan kesabaran. Video di salah satu rumah warga".

Dalam video itu, terlihat angin kecang yang mengakibatkan genteng-genteng rumah beterbangan serta adanya banjir dan hujan lebat.

Bagaimana kronologi peristiwa tersebut?

Baca juga: Viral Informasi Vaksin Sinovac untuk Kelinci Percobaan dan Mengandung Bahan Tak Halal, Simak Tanggapan Bio Farma

Konfirmasi Kompas.com

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati membenarkan kejadian angin puting beliung yang menerjang desa Slangit, Kecamatan Klanengan, Cirebon, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang didapatkannya dari Pusdalos BPBD Provinsi Jawa Barat, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (2/1/2021) pukul 16.50 WIB.

Raditya mengatakan, peristiwa terjadi karena adanya hujan disertai angin kencang.

Akibat peristiwa ini, sebanyak 6 orang mengalami luka ringan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X