Kompas.com - 25/01/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Orang yang hobi begadang biasa disebut dengan istilah night owl, mereka ini kebalikan dari orang-orang yang selalu rutin tidur awal sehingga bisa bangun pagi yang disebut dengan istilah early bird.

Para night owl ini begadang tanpa tujuan yang jelas. Hampir setiap malam mereka akan tidur larut, bahkan bisa dikatakan menjelang pagi, meski tidak ada keperluan atau kepentingan untuk terjaga sama sekali. 

Bagi para night owl, begadang sudah bisa dikatakan hobi karena dilakukan hampir setiap malam.

Jika para early bird butuh kopi bergelas-gelas untuk bisa terjaga mengerjakan tugas yang menumpuk, para night owl bisa tetap terjaga meski tanpa dibantu kafein setetes pun.

Apa penyebab orang hobi begadang? Apakah hobi begadang diturunkan secara genetika?

Baca juga: Tidur Ditemani Musik? Kenali Plus Minusnya

Mutasi genetika di balik ritme sirkadian

Para night owl ini bisa dikatakan memiliki gangguan ritme sirkadian yang disebut delayed sleep phased syndrome.

Melansir dari Very Well Health, gangguan ini serupa insomnia, di mana seseorang memiliki waktu tidur mundur dari waktu tidur ideal kebanyakan orang.

Dalam sebuah penelitian terbaru, didapatkan bahwa gangguan ini atau yang juga disebut gangguan night owl disorder, bisa dipengaruhi karena mutasi genetik yang membuat ritme sirkadian seseorang berubah.

Semua manusia memiliki ritme sirkadian, yaitu jam biologis yang membuat mereka terjaga dan tertidur.Unsplash/Katarzyna Kos Semua manusia memiliki ritme sirkadian, yaitu jam biologis yang membuat mereka terjaga dan tertidur.
Semua makhluk hidup sebagian besar memiliki ritme sirkadian, yaitu jam biologis tubuh yang akan menempatkan tubuh dalam waktu terjaga dan waktu tidur.

Jam biologis ini dikendalikan oleh protein yang diproduksi di siang hari. Ketika di malam hari, produksi protein ini akan berhenti dan bekerja seperti pedal rem, meminta tubuh untuk berhenti beraktivitas.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.