Penjelasan Korlantas Polri soal Warna Pelat Nomor Kendaraan Putih Mulai 2022

Kompas.com - 25/01/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com – Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, pengadaan pelat nomor kendaraan warna dasar putih akan dimulai pada 2022.

Meskipun begitu, masyarakat tidak dapat langsung datang dan meminta ganti pelat nomor kendaraan menjadi putih.

"(Dimulai) yang habis 5 tahun (TNKB-nya) serta untuk yang membeli kendaraan baru,” ujar Yusri saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/1/2022).

Hal tersebut disampaikannya, menyusul rencana penggantian warna pelat nomor kendaraan atau TNKB dari hitam menjadi putih.

Pelat putih itu diatur dalam Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Regident) Kendaraan Bermotor.

Baca juga: Alasan Polisi Ubah Warna Pelat Kendaraan Jadi Putih dan Dipasang Chip

Untuk siapa saja?

Lebih jauh, dia menegaskan, masyarakat tidak dapat langsung datang ke Samsat, lantas meminta penggantian warna pelat nomor kendaraan menjadi putih.

Penggantian warna pelat ini akan dilakukan bertahap dilakukan, untuk mereka yang sudah waktunya mengganti pelat kendaraan maupun membeli kendaraan baru.

"Jadi enggak bisa langsung ganti semua. Misal (masa berlaku TNKB) habis Februari 2022, maka ketika ganti pelat nomor sudah putih,” tegas Yusri.

Sehingga, pada awalnya, masih akan terlihat kendaraan dengan pelat nomor kendaraan hitam dan sebagian yang sudah menggunakan warna putih.

Baca juga: Ramai Pelat Nomor Kendaraan Akan Dipasangi Chip, untuk Apa dan Mulai Kapan?

Alasan pelat nomor kendaraan ganti putih

Dilansir dari Kompas.com, (22/1/2022), sejumlah alasan melatarbelakangi penggantian warna pelat nomor kendaraan putih.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.