Kompas.com - 16/01/2022, 08:30 WIB
Tidur terlalu lama bisa meningkatkan risiko terkena diabetes dan gangguan jantung. Unsplash/Anthony TranTidur terlalu lama bisa meningkatkan risiko terkena diabetes dan gangguan jantung.

KOMPAS.com - Tidur terlalu singkat bisa memicu berbagai gangguan penyakit, begitu juga jika tidur terlalu lama.

Tidur sendiri adalah kebutuhan tubuh manusia yang sangat vital, layaknya makanan dan minuman.

Jika kurang tidur, tubuh akan berisiko terkena berbagai gangguan kesehatan seperti fatigue, tak bisa fokus, mudah marah, penurunan kemampuan mengingat, dan penuaan kulit.

Ketika kita terlalu lama tidur, ternyata berbagai gangguan kesehatan pun bisa muncul menyerang tubuh. 

Melansir dari Hopkins Medicine, waktu tidur ideal orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam dalam sehari. Jika Anda tidur lebih dari 10 jam dalam sehari, maka berbagai gangguan kesehatan bisa muncul.

Baca juga: Memilih Posisi Tidur Terbaik Sesuai Gangguan Kesehatan yang Diderita

Bahayanya tidur terlalu lama

Batas oversleeping atau tidur terlalu lama sendiri sebenarnya tak bisa disamakan pada masing-masing orang. Batasan tidur terlalu lama ini disesuaikan dengan faktor usia dan faktor kondisi kesehatan. 

Mereka yang tengah sakit biasanya membutuhkan waktu istirahat lebih lama dari biasanya. Sehingga jika tidur lewat dari 10 jam pun tak akan membahayakan tubuh.

Tapi jika Anda berkali-kali selalu tidur dalam rentang waktu lama, di atas 10 bahkan 12 jam, ada beberapa bahaya kesehatan yang bisa mengancam.

Berikut ini adalah bahayanya tidur terlalu lama:

1. Menderita sakit kepala

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.