Kompas.com - 25/01/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Paving sering dipilih sebagai alas pijak, baik untuk halaman rumah, taman, maupun fasilitas publik.

Motif menarik dan daya serap air yang mumpuni, membuat paving banyak diminati orang.

Lalu, apa saja tips memilih paving? Bagaimana cara merawat paving yang baik?

Berikut penjelasan dari ahli:

Baca juga: Tips Memilih Vinyl untuk Alas Lantai Rumah, Apa Saja?

Tips memilih paving

Dosen Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Ashar Saputra PhD mengatakan, memilih paving harus menyesuaikan kebutuhannya.

Kebutuhan tersebut, yakni apakah akan berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan, untuk ditanami rumput, perlunya estetika motif, maupun kebutuhan lainnya.

"Jika sudah menentukan apa kebutuhannya, bisa menyesuaikan dengan tipe paving seperti, tipe yang solid (biasa disebut concrete block (conblock) atau yang bisa ditanami (grass block)," ujar Ashar, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/1/2022).

Kemudian, jika berkaitan dengan kebutuhan estetika atau keindahan, terdapat banyak tipe paving untuk mendapatkan pola paving. Ada juga yang berwarna.

Ashar mengatakan, bentuk paving juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan estetika. Misalnya, pola anyaman, lingkaran, atau pola-pola uang lain.

Baca juga: Bukan Horor, Ini Alasan Rumah Era Kolonial Belanda Terasa Lebih Dingin

Fungsi paving

Sementara itu, Ashar mengatakan, paving memiliki fungsi untuk mendapatkan permukaan perkerasan yang relatif rata, tetapi tersusun dari unit blok-blok yang dicetak dari beton.

"Penyusunan paving yang tersusun dari unit block ini cukup memudahkan pelaksanaan, tidak harus dicor sebagaimana beton pada umumnya," ujar Ashar.

Namun pada beberapa paving, masih dimungkinkan adanya penyerapan air. Meskipun, efektifitas penyerapanya cukup rendah setelah pemasangan paving cukup lama.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.