Kompas.com - 25/01/2022, 08:00 WIB
Kopi decaf tetap mengandung kafein meski dalam takaran kecil. Unsplash/Sincerely MediaKopi decaf tetap mengandung kafein meski dalam takaran kecil.

KOMPAS.com - Kopi decaf adalah kopi tanpa kafein tinggi yang banyak dipilih oleh mereka yang ingin menyesap wangi kopi tapi tak mau terganggu efek dari kafein.

Kafein sendiri jika dikonsumsi dalam takaran tinggi bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti memicu gelisah, menyebabkan gangguan susah tidur, memicu asam lambung, meningkatkan detak jantung dan masih banyak lagi. 

Kebanyakan orang mengira kopi decaf adalah kopi tanpa properti kafein sama sekali. Padahal anggapan ini salah.

Di dalam kopi decaf tetap ada kandungan kafeinnya meski dalam takaran kecil atau rendah.

Ahli nutrisi dari Amerika, dr. John Axe, menyatakan bahwa kopi decaf yang terekstrasi oleh air tetap mengandung kafein meski dalam level rendah. Ini sebabnya, tetap ada efek samping dari pengonsumsian kopi decaf yang bisa terjadi pada tubuh kita.

Berikut ini adalah efek kopi decaf bagi tubuh, baik efek positif maupun negatifnya:

Baca juga: Jangan Mengonsumsi Teh dan Kopi Pagi dalam Kondisi Perut Kosong, Ini Bahayanya

1. Mudah lapar

Kopi decaf tak mengandung kafein dalam takaran banyak, sehingga tak ada properti yang bisa menekan selera makan.Unsplash/Brooke Lark Kopi decaf tak mengandung kafein dalam takaran banyak, sehingga tak ada properti yang bisa menekan selera makan.
Hannah Thalberg, ahli nutrisi dan pendiri The Food Freedom Society, mengatakan bahwa kafein adalah properti makanan yang bisa menekan selera makan.

Jadi kopi dengan kafein bisa digunakan mengisi waktu jeda antara makan besar agar kita tak terlalu banyak mengunyah kudapan.

Nah kopi tanpa kafein, atau dengan kafein sangat rendah, tentu saja tak menyuguhkan khasiat ini. Efeknya, ketika kita mengonsumsi kopi decaf, tubuh akan tetap mudah lapar dan berisiko menaikkan berat badan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.