Resep Umur Panjang Cegah Hipertensi dan Penyakit Jantung dengan Teh

Kompas.com - 10/01/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama dan terbanyak kematian di dunia.

Menurut British Heart Foundation, penyakit kardiovaskular atau jantung telah merenggut lebih dari 160.000 nyawa setiap tahunnya. 

Salah satu risiko munculnya penyakit jantung yakni tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca juga: 5 Manfaat Teh Jahe bagi Kesehatan

Teh hitam untuk cegah hipertensi dan penyakit jantung

Dilansir dari Express, Minggu (9/1/2022), teh hitam disebut-sebut menjadi minuman yang dapat melindungi dari hipertensi dan penyakit jantung, dan dengan demikian meningkatkan umur panjang.

Teh hitam berasal dari tanaman Camellia sinensis dan sering dicampur dengan tanaman lain untuk rasa yang berbeda, seperti Earl Grey, sarapan Inggris atau chai.

Minuman ini memiliki rasa lebih kuat dan mengandung lebih banyak kafein daripada teh lainnya, namun kadar kafeinnya masih lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, teh hitam merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah studi melaporkan bahwa dengan mengonsumsi teh hitam hangat secara teratur bisa menurunkan hipertensi dengan cepat.

Dalam studi itu, para peserta meminum tiga cangkir teh hitam setiap hari, dan hasilnya terus dipantau secara harian selama enam bulan.

Hasilnya memuaskan berdasarkan tingkat tekanan darah dan detak jantung mereka.

Menurunkan kolesterol dan mencegah obesitas

Penelitian juga menemukan bahwa asupan teh hitam secara teratur dapat membantu mengurangi berbagai faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida, dan obesitas.

Studi lain di European Journal of Clinical Nutrition melihat mereka yang minum tiga cangkir teh hitam per hari memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena penyakit jantung.

Teh hitam kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid.

Flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat dan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan oksidatif. 

Baca juga: Manfaat Kesehatan Teh, Minuman Ramuan Obat Selama Ribuan Tahun

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.