Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Semeru Meletus Jadi Trending Topik di Twitter

Kompas.com - 04/12/2021, 17:22 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) pukul 13.30 WIB dan memuntahkan awan guguran panas.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (4/12/2021) erupsi Gunung Semeru dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani.

"Erupsi Semeru berupa awan panas guguran, tanggal 4 Desember 2021 pukul 13:30 WIB, diawali dengan laharan. Tercatat di seismogram Amplitudo maksimum 25 mm durasi masih berlangsung," kara Andiani saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi Muntahkan Awan Panas Guguran

Andiani mengatakan, guguran awan panas akibat erupsi Semeru mengarah ke daerah Besuk Kobokan.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini masih terus memantau situasi di lapangan. PVMBG juga dalam proses pengecekan jarak luncur awan panas.

Trending di Twitter

Erupsi Gunung Semeru segera menduduki posisi teratas trending topic Twitter Indonesia pada Sabtu (4/12/2021).

Dari pantauan Kompas.com, hingga pukul 16.50 WIB, lebih dari 30 ribu twit menggunakan kata kunci "Semeru" telah dicuitkan oleh warganet.

Warganet juga membagikan video serta foto yang memperlihatkan kedahsyatan erupsi Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Salah satu video dibagikan oleh akun Twitter Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono @DaryonoBMKG.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Ini Penjelasan PVMBG

Video itu memperlihatkan salah satu rumah warga yang rusak parah akibat dampak muntahan material yang dikeluarkan erupsi Semeru.

Sementara itu, video lain yang diunggah Daryono memperlihatkan momen ketika guguran awan panas terekam dari daerah pemukiman warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com