Gunung Semeru Meletus Jadi Trending Topik di Twitter

Kompas.com - 04/12/2021, 17:22 WIB
Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi pada hari ini, Sabtu (4/12/2021) siang. TWITTERGunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi pada hari ini, Sabtu (4/12/2021) siang.

KOMPAS.com - Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) pukul 13.30 WIB dan memuntahkan awan guguran panas.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (4/12/2021) erupsi Gunung Semeru dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani.

"Erupsi Semeru berupa awan panas guguran, tanggal 4 Desember 2021 pukul 13:30 WIB, diawali dengan laharan. Tercatat di seismogram Amplitudo maksimum 25 mm durasi masih berlangsung," kara Andiani saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi Muntahkan Awan Panas Guguran

Andiani mengatakan, guguran awan panas akibat erupsi Semeru mengarah ke daerah Besuk Kobokan.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini masih terus memantau situasi di lapangan. PVMBG juga dalam proses pengecekan jarak luncur awan panas.

Trending di Twitter

Erupsi Gunung Semeru segera menduduki posisi teratas trending topic Twitter Indonesia pada Sabtu (4/12/2021).

Dari pantauan Kompas.com, hingga pukul 16.50 WIB, lebih dari 30 ribu twit menggunakan kata kunci "Semeru" telah dicuitkan oleh warganet.

Warganet juga membagikan video serta foto yang memperlihatkan kedahsyatan erupsi Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Salah satu video dibagikan oleh akun Twitter Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono @DaryonoBMKG.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Ini Penjelasan PVMBG

Video itu memperlihatkan salah satu rumah warga yang rusak parah akibat dampak muntahan material yang dikeluarkan erupsi Semeru.

Sementara itu, video lain yang diunggah Daryono memperlihatkan momen ketika guguran awan panas terekam dari daerah pemukiman warga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.