Kompas.com - 04/12/2021, 20:00 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat terbatas (Ratas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/11/2021). Ratas tersebut membahas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta membahas varian baru COVID-19 Omicron dan kesiapan jelang libur Natal dan Tahun Baru. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak APresiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat terbatas (Ratas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/11/2021). Ratas tersebut membahas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta membahas varian baru COVID-19 Omicron dan kesiapan jelang libur Natal dan Tahun Baru. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta kepala kepolisian daerah (Kapolda) dan kepala kepolisian resor (Kapolres) untuk tidak menyambangi organisasi masyarakat (ormas) bermasalah.

Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan kepada Kepala Satuan Wilayah Tahun 2021, Jumat (3/12/2021) di Bali.

"Saya sudah lama sekali ingin menyampaikan, ada kapolda baru, ada kapolres baru malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan," kata Jokowi.

"Benar ini, saya tanya Pak Kapolres, kenapa bapak melakukan ini?" sambung dia.

Jokowi menegaskan, untuk menciptakan daerah yang kondusif bukan berarti harus menyambangi ormas-ormas yang berbuat onar.

Menurut dia, tindakan itu justru membuat kewibawaan polisi menurun.

Baca juga: Kata Kompolnas soal Peringatan Kapolri Kalau Tak Mampu Bersihkan Ekor, Kepala Saya Potong

Tanggapan Kompolnas

Menanggapi hal itu, komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mendukung arahan Jokowi tersebut.

Dia menuturkan, selama ini memang ada kapolres dan kapolda yang sowan ke ormas-ormas bermasalah dengan alasan menjaga situasi wilayahnya kondusif.

"Tapi kami menganggap justru kontra-produktif dengan upaya penegakan hukum jika yang dikunjungi adalah ormas yang sering membuat ribut," kata Pinky, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/12/2021).

"Arahan ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Polri bertugas melayani, melindungi, mengayomi masyarakat dan menegakkan hukum untuk mewujudkan harkamtibmas," sambung dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.