Kompas.com - 04/12/2021, 13:30 WIB
Bumbu rempah bubuk mudah basi jika terkena panas dan kelembaban, maka sebaiknya simpan bumbu rempah bubuk dalam kemasan bertutup rapat. Unsplash/Mahz AlamBumbu rempah bubuk mudah basi jika terkena panas dan kelembaban, maka sebaiknya simpan bumbu rempah bubuk dalam kemasan bertutup rapat.

KOMPAS.com - Bumbu rempah dijual di pasaran dalam bentuk utuh atau segar dan dalam bentuk bubuk atau serbuk yang sudah kering.

Bumbu rempah bubuk ini bisa bermacam-macam. Bisa berupa cabai kering, kunyit bubuk, jahe bubuk, hingga bawang putih bubuk.

Karena diolah pabrik, dan dibuat dari bahan pangan alami, tentu saja bumbu rempah bubuk ini memiliki masa kedaluwarsa.

Namun biasanya, sebelum jatuh masa kedaluwarsa, bumbu rempah bubuk ini bisa menjadi apek dan tak lagi beraroma wangi seperti alaminya.

Hal ini terjadi lantaran ada kesalahan dalam penyimpanan, sehingga paparan oksigen atau sumber panas merusak struktur senyawanya.

Baca juga: Jangan Dibuang, Bumbu Rempah Kedaluwarsa Masih Bisa Didaur Ulang

Cara simpan bumbu rempah bubuk

Jika disimpan terlalu lama dan dengan cara penyimpanan yang kurang tepat, bumbu rempah bubuk bisa berubah tekstur, aroma dan rasa.

Berikut ini cara menyimpan bumbu rempah bubuk:

1. Simpan dalam kemasan bertutup rapat

Melansir dari The Kitchn, bumbu rempah hendaknya disimpan di wadah yang bertutup rapat, karena paparan udara bebas bisa mengubah aroma dan rasa dari bumbu yang ada.

Simpan bumbu rempah bubuk dalam wadah kedap udara.Unsplash/Diana Polekhina Simpan bumbu rempah bubuk dalam wadah kedap udara.
Anda bisa menyimpannya di plastik kemasan yang ada yang dilengkapi ziplock, atau memindahkannya ke toples yang bertutup rapat. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.