Kompas.com - 04/12/2021, 12:30 WIB
Susah tidur di waktu malam bisa memicu kantuk dan kelelahan di siang hari. Lakukan tidur siang barang sejenak untuk mengembalikan performa tubuh. Unsplash/Hernan SanchezSusah tidur di waktu malam bisa memicu kantuk dan kelelahan di siang hari. Lakukan tidur siang barang sejenak untuk mengembalikan performa tubuh.

KOMPAS.com - Tidur siang bukan hanya rutinitas yang bisa dilakukan anak-anak saja. Tidur siang juga bisa dan baik dilakukan oleh para dewasa.

Terutama untuk mereka yang kurang tidur karena memiliki gangguan tidur, sehingga di siang hari mengalami kelelahan akut.

Jadi ketika beraktivitas di dalam rumah dan memiliki waktu luang beberapa jam atau menit lamanya, gunakan saja untuk tidur siang agar fungsi tubuh bisa berjalan normal kembali.

Atau bisa pula melakukan tidur siang selama 15 hingga 20 menit lamanya selama beristirahat di jam kantor. 

Tak perlu kasus empuk untuk melakukan tidur di siang hari ini. Anda bisa memejamkan mata di kursi kerja dan mengistirahatkan otak untuk sementara.

Baca juga: Ini Manfaat Tidur Mengenakan Kaus Kaki

Manfaat tidur siang bagi orang dewasa

Tidur siang adalah solusi mengembalikan kebugaran ketika semalaman Anda kurang tidur. Selain itu, ada pula manfaat lain dari tidur siang.

Mengantuk karena kurang tidur bisa membuat Anda malas berolaraga dan beraktivitas, hal ini bisa memicu pertambahan berat badan.Unsplash/Houcine Mengantuk karena kurang tidur bisa membuat Anda malas berolaraga dan beraktivitas, hal ini bisa memicu pertambahan berat badan.
Yang pertama, tidur siang bisa digunakan untuk mendapatkan relaksasi. Ketika aktivitas harian melahirkan emosi-emosi seperti marah dan cemas, ambil saja beberapa menit untuk tidur siang. Selepas bangun, emosi-emosi tersebut biasanya sudah akan surut.

Menurut Mayo Clinic, manfaat tidur siang yang kedua adalah untuk meredakan kelelahan dan meningkatkan fokus.

Hal ini berkaitan dengan mereka yang mengalami gangguan tidur, atau tengah terdera sakit sehingga tak bisa beristirahat dengan cukup.

Manfaat lain tidur siang adalah bisa memperbaiki mood, meningkatkan performa tubuh dan meningkatkan daya ingat otak.

Baca juga: Sering Kelelahan? Jangan-jangan Asam Lambung Anda adalah Penyebabnya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.