Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus Tidur Siang bagi Orang Dewasa

Kompas.com - 04/12/2021, 12:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Tidur siang bukan hanya rutinitas yang bisa dilakukan anak-anak saja. Tidur siang juga bisa dan baik dilakukan oleh para dewasa.

Terutama untuk mereka yang kurang tidur karena memiliki gangguan tidur, sehingga di siang hari mengalami kelelahan akut.

Jadi ketika beraktivitas di dalam rumah dan memiliki waktu luang beberapa jam atau menit lamanya, gunakan saja untuk tidur siang agar fungsi tubuh bisa berjalan normal kembali.

Atau bisa pula melakukan tidur siang selama 15 hingga 20 menit lamanya selama beristirahat di jam kantor. 

Tak perlu kasus empuk untuk melakukan tidur di siang hari ini. Anda bisa memejamkan mata di kursi kerja dan mengistirahatkan otak untuk sementara.

Baca juga: Ini Manfaat Tidur Mengenakan Kaus Kaki

Manfaat tidur siang bagi orang dewasa

Tidur siang adalah solusi mengembalikan kebugaran ketika semalaman Anda kurang tidur. Selain itu, ada pula manfaat lain dari tidur siang.

Mengantuk karena kurang tidur bisa membuat Anda malas berolaraga dan beraktivitas, hal ini bisa memicu pertambahan berat badan.Unsplash/Houcine Mengantuk karena kurang tidur bisa membuat Anda malas berolaraga dan beraktivitas, hal ini bisa memicu pertambahan berat badan.
Yang pertama, tidur siang bisa digunakan untuk mendapatkan relaksasi. Ketika aktivitas harian melahirkan emosi-emosi seperti marah dan cemas, ambil saja beberapa menit untuk tidur siang. Selepas bangun, emosi-emosi tersebut biasanya sudah akan surut.

Menurut Mayo Clinic, manfaat tidur siang yang kedua adalah untuk meredakan kelelahan dan meningkatkan fokus.

Hal ini berkaitan dengan mereka yang mengalami gangguan tidur, atau tengah terdera sakit sehingga tak bisa beristirahat dengan cukup.

Manfaat lain tidur siang adalah bisa memperbaiki mood, meningkatkan performa tubuh dan meningkatkan daya ingat otak.

Baca juga: Sering Kelelahan? Jangan-jangan Asam Lambung Anda adalah Penyebabnya

Efek negatif tidur siang

Meski memiliki banyak manfaat, namun tidur siang juga memiliki efek negatif jika Anda melakukannya dengan cara yang kurang tepat. 

TIdur siang di waktu yang salah dan dalam durasi terlalu lama justru akan memunculkan efek-efek negatif pada kesehatan.

Yang pertama, Anda bisa mengalami sleep inertia, yaitu keadaan transisi dari tidur ke bangun yang membuat tubuh gelisah, gugup, dan disorientasi.

Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang tak terbiasa tidur siang, atau tak terbiasa tidur di tempat-tempat asing selain di tempat tidur mereka sendiri.

Tidur siang juga bisa menimbulkan gangguan susah tidur seperti insomnia di malam hari. Biasanya, ini terjadi jika Anda tidur siang terlalu lama di waktu yang sudah menghampiri petang.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Tidur Mengigau

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com