Hari Ini dalam Sejarah: Resolusi 181 PBB dan Solidaritas Internasional untuk Palestina

Kompas.com - 29/11/2021, 14:30 WIB
Bendera Palestina berkibar untuk pertama kalinya di markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, Rabu (30/9/2015). SPENCER PLATT/GETTY IMAGES/AFPBendera Palestina berkibar untuk pertama kalinya di markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, Rabu (30/9/2015).

KOMPAS.com - Hari ini 74 tahun yang lalu, tepatnya 29 November 1947, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membuat resolusi untuk menyelesaikan konflik di Palestina.

Majelis Umum PBB menyarankan pembagian negara-negara Arab dan Yahudi, dengan Yerusalem sebagai entitas terpisah.

Resolusi itulah yang dianggap oleh komunitas Yahudi di Palestina sebagai dasar hukum pendirian Israel.

Namun, konflik antara Palestina dan Israel tak kunjung terselesaikan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tragedi Runtuhnya Jembatan Kartanegara, 23 Orang Tewas dan 13 Hilang

Akar permasalahan

Ketegangan antara Palestina dan Israel masih terjadi hingga kini.

Melansir Britannica, Senin (29/11/2021), semua berawal saat Palestina ada di bawah pemerintahan Inggris Raya sejak 1922.

Sejak saat itu, imigrasi Yahudi ke wilayah itu meningkat. Ketegangan antara orang-orang keturunan Arab dan Yahudi pun turut meningkat.

Pada April 1947, karena kelelahan akibat Perang Dunia II dan semakin berniat menarik diri dari kawasan Timur Tengah, Inggris merujuk masalah Palestina ke PBB.

PBB pun membentuk Komite Khusus untuk Palestina (UNSCOP), sebuah komite penyelidikan yang terdiri dari anggota dari 11 negara.

UNSCOP menyampaikan dua proposal. Mayoritas merekomendasikan adanya dua negara terpisah bergabung secara ekonomi. Sementara, sebagian mendukung pembentukan dwinegara tunggal yang terdiri dari wilayah otonomi Yahudi dan Aran.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.