Kompas.com - 17/10/2021, 10:30 WIB
Mengatasi kecanduan kafein harus dilakukan pelan-pelan agar tak ada efek samping yang mengikuti. Unsplash/Tim FosterMengatasi kecanduan kafein harus dilakukan pelan-pelan agar tak ada efek samping yang mengikuti.

KOMPAS.com - Kopi mengandung kafein dalam level yang tinggi, itulah sebabnya kopi bersifat adiktif atau membuat kecanduan.

Padahal kebanyakan kafein sangat tak bagus untuk tubuh. Ada beberapa efek negatif pada tubuh kita jika kita terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Melansir dari Kompas.com, Kamis (30/09/2021), efek kebanyakan kafein bisa menimbulkan sakit kepala yang datang terus menerus, perasaan gelisah, detak jantung berdegup kencang, tremor pada tangan, gugup, gangguan susah tidur, hingga mual dan muntah.

Ketika urine pun sudah berbau kopi dan Anda tersiksa dengan segala efek sampingnya, sudah saatnya Anda mengurangi konsumsi kopi.

Baca juga: Cara Mengatasi Tremor dan Anxiety karena Efek Kebanyakan Kafein

Cara mengurangi kecanduan kopi

Seseorang yang mengonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi per hari biasanya akan mengalami segala efek samping yang terasa tak enak tersebut.

David C. Brodner, MD, Direktur Medis Center For Sleep, Allergy, and Synus Wellness di Florida mengatakan bahwa ada dua cara mengatasi kecanduan kopi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebanyakan kopi bisa membuat urin berbau kopi.Unsplash/Brooklyn Kebanyakan kopi bisa membuat urin berbau kopi.
Yang pertama adalah mengurangi takaran kopi, dan yang kedua memperbaiki atau menambah jam tidur. 

"Ketika jam tidur lebih panjang, seseorang tak akan butuh stimulan untuk membuatnya terjaga dari kantuk," ujarnya seperti dikutip di Everyday Health.  

Nah, berikut ini adalah 6 cara efektif mengurangi kecanduan kopi yang bisa Anda lakukan:

1. Ketahui komposisi makanan dan minuman yang dikonsumsi

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.