Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Lebih Dekat Mengenal Ganggang

Kompas.com - 23/09/2021, 14:31 WIB
Ilustrasi ganggang hijau sumber.belajar.kemdikbud.go.idIlustrasi ganggang hijau

MENURUT para paleobotaniwan/wati periode masa yang disebut sebagai Prakambirium sekitar lebih dari 2 triliun tahun yang lalu organisme pertama adalah para bakteri kuno yang terdiri dari bakteri kimia, bakteri cahaya, kokus, basil dlsb.

Uralgae

Kemudian menyusul tumbuhan penghasil oksigen pertama diduga adalah apa yang disebut sebagai uralgae alias ganggang purba terdiri dari ganggang biru dan ganggang merah yang belum berklorofil sampai ke ganggang hijau yang sudah “agak” berklorofil.

Menurut para ilmuwan tetumbuhan, bakteri dan ganggang merupakan jenis tetumbuhan paling sederhana dengan ukuran paling mikroskopis yang hadir di seluruh pelosok planet bumi.

Kompleks

Sifat ganggang cukup kompleks sebab bisa hidup berkoloni namun juga bisa hidup sendirian di air tawar, payau, maupun asin, di atas maupun di dalam permukaan bumi bahkan juga di air panas maupun salju pada mahluk hidup flora maupun fauna.

Ganggang hijau mengapung di buih permukaan air dangkal membantu dunia purba menghadirkan kehidupan lebih kompleks dengan menghasilkan oksigen yang sangat penting bagi segenap mahluk hidup yang mutlak membutuhkan oksigen untuk mampu hidup di planet bumi ini.

Ganggang renik berdinding silikat terdiri dari dua bagian saling menutupi bak tumbu ketemu tutup, lazim berwarna coklat keemasan yang akibat pembiasan cahaya bisa memunculkan tata warna pelangi.

Ganggang jingga merupakan jenis hibrida ganggang sekaligus jamur yang tumbuh di permukaan bebatuan dan pepagan pepohonan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rumput laut

Saya bukan ganggangomolog namun sekadar seorang penggemar makanan yang disebut sebagai seaweed alias rumput laut, baik merah, hijau atau coklat yang tumbuh di kawasan pesisir.

Rumput laut baik yang merah, hijau atau coklat yang tumbuh di kawasan persisir pada umumnya mencengkeramkan sejenis akar pada dasar laut atau benda padat lainnya dalam fungsi murni cengkeram tanpa fungsi menghisap makanan seperti akar tetumbuhan pada umumnya.

Mayoritas rumput laut bisa dimakan sebagai makanan mau pun obat maka memiliki nilai komersial cukup tinggi bagi manusia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.