Kompas.com - 23/09/2021, 12:10 WIB
Konstipasi atau sembelit bisa diredakan dengan cara-cara alami seperti mengonsumsi probiotik dan minyak kelapa. Unsplash/Sasun BughdaryanKonstipasi atau sembelit bisa diredakan dengan cara-cara alami seperti mengonsumsi probiotik dan minyak kelapa.

KOMPAS.com - Konstipasi atau sembelit adalah kesulitan dalam buang air besar. Biasanya gangguan pencernaan ini terjadi akibat makanan yang kita konsumsi atau justru akibat makanan-makanan yang kita hindari.

Banyak sekali penyebab dari konstipasi. Selain faktor makanan seperti kekurangan serat, juga bisa karena faktor kekurangan cairan, efek pengonsumsian obat, dan gaya hidup yang kurang sehat.

Menghimpun data dari Medical News Today, konstipasi bisa memiliki beberapa macam bentuk gejala.

Yang pertama adalah frekuensi buang air besar yang menjadi kurang dari biasanya, feses yang keras dan cenderung kering sehingga Anda kesulitan mengeluarkannya, dan rasa mulas yang masih terus datang meski Anda sudah berkali-kali ke kamar mandi.

Anda bisa meredakan konstipasi dengan obat-obatan pencahar. Selain itu, Anda juga bisa meredakannya dengan menggunakan terapi alami yang aman untuk tubuh.

Dari berbagai sumber, berikut ini cara alami untuk mengatasi konstipasi:

Baca juga: Penyebab Cegukan dan 5 Cara Alami Menghentikannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Minum banyak air

Minum air hangat di pagi hari terdengar sepele, namun kebiasaan ini ternyata memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita.SHUTTERSTOCK Minum air hangat di pagi hari terdengar sepele, namun kebiasaan ini ternyata memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita.
Dehidrasi bisa memicu konstipasi. Jadi ketika konstipasi datang, segera lah memperbanyak asupan air minum.

Hindari minuman bersoda, karena soda dalam minuman justru bisa memperparah gangguan pada saluran cerna.

2. Konsumsi lebih banyak serat

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.