Kompas.com - 23/09/2021, 13:15 WIB
Teh juga memiliki efek samping, jika kebanyakan Anda bisa terganggu pusing, mual dan susah tidur. Unsplash/Maria ShaninaTeh juga memiliki efek samping, jika kebanyakan Anda bisa terganggu pusing, mual dan susah tidur.

KOMPAS.com - Teh mengandung banyak nutrisi, mulai dari mineral alami hingga berbagai vitamin.

Karenanya, teh sering dimasukkan ke dunia pengobatan herbal. Ada teh yang digunakan untuk mengobati radang tenggorokan, mengobati stres dan gelisah, juga mengatasi gangguan tidur insomnia.

Antioksidan dan antiinflamasi pada teh juga properti super yang bisa digunakan menangkal berbagai penyakit kronis seperti diabetes, kanker, juga penyakit kardiovaskular.

Namun seperti bahan pangan lain, jika dikonsumsi berlebihan, teh juga memiliki efek samping yang justru menganggu kesehatan.

Kafein di dalam teh hampir setinggi kafein di dalam kopi. Senyawa ini lah yang bisa mengancam kesehatan jika Anda mengonsumsinya terlalu berlebihan.

Baca juga: Catat, Ini Varian Teh yang Bisa Mengusir Penyakit

Tanda kebanyakan teh

Dilansir dari Eatthis, berikut ini 7 tanda Anda kebanyakan mengonsumsi teh dan efek sampingnya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Tak bisa tidur nyenyak

Menyesap teh hitam di malam hari bisa menyebabkan Anda mengalami gangguan tidur.Unsplash/David Mao Menyesap teh hitam di malam hari bisa menyebabkan Anda mengalami gangguan tidur.
Teh bisa merilekskan saraf dan bisa mendatangkan kantuk, namun jika kebanyakan, teh justru bisa membuat Anda tak bisa tidur nyenyak.

Terutama jika Anda mengonsumsi teh hitam terlalu banyak. Teh hitam memiliki kandungan kafein lebih tinggi dari pada teh biasa.

Sebuah studi menyebutkan bahwa mengonsumsi 200 mg kafein sebelum tidur bisa menimbulkan gangguan tidur. Kafein dalam jumlah cukup besar ini akan mengganggu melatonin, hormon yang mengatur kantuk.

Agar tidur Anda tak terganggu, pastikan Anda tak mengonsumsi lebih dari 3 gelas teh per hari. Jika Anda juga mengonsumsi kopi yang adalah sumber kafein, Anda harus mengonsumsi teh kurang dari 3 gelas per hari.

Baca juga: Cara Tepat Menyeduh Teh Tubruk

2. Heartburn

Heartburn yang merupakan gejala dari asam lambung juga bisa kambuh jika Anda mengonsumsi teh terlalu banyak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.