Kompas.com - 23/09/2021, 14:15 WIB
Seduh dan racik sendiri es kopi di rumah dengan berbagai tips dari para barista. Unsplash/Tavis BeckSeduh dan racik sendiri es kopi di rumah dengan berbagai tips dari para barista.

KOMPAS.com - Es kopi selalu enak dinikmati di siang hari. Wangi kopi yang berpadu dengan susu dingin, bisa menghilangkan dahaga sekaligus mendongkrak mood.

Namun seringnya, ketika kita meramu es kopi di dapur sendiri, kita tak bisa mendapatkan minuman yang senikmat es kopi di kedai-kedai kopi.

Meski bahan dan takaran yang digunakan sudah sama persis, namun aroma dan cita rasa tetap jauh berbeda.

Jika Anda ingin menyeduh dan menyajikan es kopi layaknya minuman di kafe-kafe mahal, Anda harus meraciknya dengan cara layaknya tangan-tangan barista.

Tips ini tak membutuhkan mesin kopi berharga belasan atau puluhan juta rupiah. Jadi siapapun dan dimana pun, bisa menyajikan es kopi layaknya es kopi olahan para barista.

Baca juga: Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersama Kopi Pagi

Dilansir dari laman The Kitchn, dalam meramu es kopi, para barista mengingatkan untuk tak melupakan proses mengocok ramuan kopi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengocok kopi dan susu dalam botol shaker akan melahirkan gelembung udara kecil-kecil yang membuat larutan menjadi lebih ringan dan mengembang creamy.

Proses mengocok kopi di sini adalah yang akan menentukan tekstur dari sajian es kopi yang ada.

Jika Anda hanya mengaduknya menggunakan sendok, maka tak akan tersaji sajian kopi yang creamy dan ringan disesap mulut.

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat, Kopi Panas atau Kopi Dingin?

Manfaat mengocok es kopi

Proses mengocok larutan kopi menentukan tekstur dari es kopi yang akan tersaji.Unsplash/Kike Salazar Proses mengocok larutan kopi menentukan tekstur dari es kopi yang akan tersaji.
Ketika Anda meramu seduhan kopi arabika atau robusta dengan susu dan krim kemudian mengocoknya di botol shaker, Anda akan mendapatkan segelas es kopi yang lebih lembut juga creamy.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.