Kompas.com - 18/09/2021, 09:04 WIB
DIVAKSIN—Walikota Madiun, Maidi bersama Wakil Walikota, Inda Raya Ayu Miko Saputri menyaksikan salah satu siswa divaksin covid-19 pekan lalu. KOMPAS.COM/Dokumentasi Kominfo Kota MadiunDIVAKSIN—Walikota Madiun, Maidi bersama Wakil Walikota, Inda Raya Ayu Miko Saputri menyaksikan salah satu siswa divaksin covid-19 pekan lalu.

KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 sudah berjalan mulai awal tahun 2021 hingga saat ini terus dilakukan untuk mencapai herd immunity.

Asisten Operasi (Asops) Kapolri Inspektur Jenderal Imam S dalam keterangannya secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden mengatakan hingga Selasa (14/9/2021), tercatat total vaksin Covid-19 yang sudah dimiliki Indonesia saat ini menjadi lebih 234 juta, terdiri dari vaksin jadi maupun bulk (curah).

Menurutnya, tidak hanya dalam sisi pengamanan stok maupun distribusi vaksin, Polri dan TNI juga membantu dalam melaksanakan vaksinasi.

Adapun jumlah vaksin yang sudah terdistribusi ke Polri sejak Februari 2021 hingga September 2021 sebanyak 36.729.982 dosis.

Kemudian, jumlah orang yang sudah divaksin sebanyak 22.006.078 orang. Selain itu, untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi, Polri menurunkan personel sebagai tenaga vaksinator sebanyak 5.371 personel dengan gerai presisi sebanyak 2.105 gerai.

Baca juga: Terbaru, Ini 12 Kondisi Orang yang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19

"Hingga hari ini sekitar 73 juta orang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Itu artinya sekitar 35 persen dari target atau sasaran vaksinasi yang berjumlah 208 juta penduduk Indonesia untuk bisa membangun herd immunity," ungkap Imam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada awal Januari 2021, terdapat 15 kelompok orang yang tidak bisa divaksinasi. Namun saat ini ibu hamil sudah bisa mendapatkan vaksinasi asalkan tidak ada komorbid parah.

Berikut ini beberapa kelompok masyarakat yang tidak bisa mendapat vaksinasi Covid-19:

  1. Terkonfirmasi menderita Covid-19
  2. Orang dengan tekanan darah 1180/110 atau lebih
  3. Penyintas Covid-19 kurang dari 3 bulan
  4. Mengalami gejala ISPA, seperti batuk, pilek, sesak napas dalam 7 hari terakhir
  5. Ada anggota keluarga serumah yang kontak erat atau suspek atau konfirmasi atau sedang dalam perawatan karena penyakit Covid-19 sebelumnya
  6. Memiliki riwayat alergi berat atau mengalami gejala sesak napas, bengkak, dan kemerahan setelah divaksinasi Covid-19 sebelumnya (untuk vaksinasi ke-2)
  7. Sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah
  8. Menderita penyakit jantung (gagal jantung atau penyakit jantung koroner)
  9. Menderita penyakit autoimun sistemik (SLE atau lupus, Sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya Menderita penyakit ginjal (penyakit ginjal kronis atau sedang menjalani hemodialysis atau dialysis peritoneal atau transplantasi ginjal atau sindroma nefrotik dengan kortikosteroid
  10. Menderita penyakit Reumatik Autoimun atau Rhematoid Arthritis
  11. Menderita penyakit saluran pencernaan kronis
  12. Menderita penyakit hipertiroid atau hipotiroid karena autoimun
  13. Menderita HIV dengan angka CD4 kurang dari 200 atau tidak diketahui

Baca juga: 15 Kondisi Orang yang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19

(Sumber: Kompas.com Penulis Irawan Sapto Adhi, Retia Kartika Dewi, Dian Erika Nugraheny | Editor Irawan Sapto, Inggried Dwi Wedhaswary, Diamanty Meiliana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.