Kompas.com - 04/09/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi wajah simetris Unsplash/Ehsan AhmadiIlustrasi wajah simetris

KOMPAS.com - Hampir semua manusia dilahirkan dengan wajah yang simetris. Ketika bayi, ukuran mata kanan dan kiri akan sama persis. Begitu juga tarikan bibir ketika tersenyum, juga akan simetris dan presisi.

Namun seiring berjalannya waktu, kesimetrisan pada wajah ini akan terganggu oleh banyak faktor.

Sehingga mata kanan bisa menjadi lebih kecil daripada mata kiri, atau tarikan bibir di sebelah kanan akan lebih tinggi daripada tarikan bibir di sebelah kiri.

Dilansir dari berbagai sumber, perubahan struktur wajah ini bisa terjadi karena faktor penuaan dan beberapa hal-hal lain.

Baca juga: Jangan Abaikan, Kondisi Wajah Ini Gejala Penyakit

Perubahan struktur wajah karena usia

Dilansir dari Live ScienceHelena Taylor, asisten dokter bedah plastik di Mount Auburn Hospital, Massachusetts, Amerika Serikat, pernah menggelar studi yang melibatkan sukarelawan dari jenjang usia 4 bulan hingga 88 tahun.

Proses penuaan bisa membuat wajah jadi tak simetris.Unsplash/Curology Proses penuaan bisa membuat wajah jadi tak simetris.
Dari studi tersebut, didapatkan hubungan yang erat antara penuaan dan perubahan kesimetrisan pada wajah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perubahan ini bisa didukung oleh banyak faktor, di mana masing-masing faktor dialami oleh masing-masing orang dengan cara yang berbeda-beda.  

Seperti misalnya facial expression atau ekspresi wajah ketika sedih, menangis dan tertawa. Masing-masing orang menarik bibirnya untuk tertawa atau menangis dengan cara yang berbeda-beda.

Baca juga: Teh Hijau, Berbagai Manfaat untuk Wajah dan Cara Penggunaannya 

Ini lah yang membuat dua wanita paruh baya memiliki perubahan bentuk wajah yang berbeda-beda di usia yang sama. Satu memiliki senyum yang masih simetris, dan satu lagi tidak.

Perubahan karena faktor usia juga bisa disumbang dari cara masing-masing orang merawat wajahnya. Wanita yang rajin facial akan memiliki kondisi otot kulit yang berbeda dengan mereka yang jarang merawat wajah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.