3 Pantangan Makanan Bagi Pasien Positif Covid-19 yang Alami Anosmia

Kompas.com - 25/07/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi anosmia, kehilangan penciuman SHUTTERSTOCK/VIALANTSINIlustrasi anosmia, kehilangan penciuman

KOMPAS.com - Selera makan berkurang gara-gara anosmia akibat Covid-19 memang dilematis. Karena masih tergolong gejala ringan, Anda bisa mengatur siasat menu makanan agar asupan gizi tetap terpenuhi.

Anosmia adalah gejala neurologis berupa kehilangan penciuman sementara yang membuat selera makan turun. Selain tak bisa mencium bau, biasanya penderita juga merasakan gangguan pada indera perasa.

Gangguan pada indera perasa ini banyak dilaporkan sebagai gejala ringan oleh mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini kemudian memengaruhi selera makan.

Kehilangan selera makan, apalagi saat sakit, tentu tidak menyenangkan. Bagaimanapun, tetap makan makanan bergizi tidak bisa dikesampingkan walaupun mengalami anosmia.

Pakar teknologi pangan dari Chlorophyll Scientific Consulting, Daisy Irawan, menyarankan agar pasien tetap berpedoman pada konsep asupan gizi Empat Sehat Lima Sempurna.

"Artinya terdiri dari beraneka ragam makanan, tentunya dengan gizi yang cukup. Nasi sebaiknya jangan terlalu banyak, tapi sayuran dan buah ditambah,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/7/2021).

Namun ia juga mengingatkan agar pasien juga memperhatikan kualitas makanan yang diasup selama menjalani isolasi karena Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Catat tiga pantangan makanan berikut agar tubuh kuat melawan virus corona:

Baca juga: Latihan Penciuman Atasi Anosmia akibat Covid-19, Cuma Perlu 20 Detik

1. Jauhi gorengan

Anda penyuka gorengan? Sebaiknya dihindari dulu, setidaknya sampai Anda dinyatakan sembuh. Mengapa?

"Tekstur memicu tenggorokan gatal, nanti susah menelan. Jadi jangan gorengan," ujar lulusan Sarjana Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada itu.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.