Cerita Sebelum Tidur dari Ibu yang Menginspirasi Windy Cantika Aisah

Kompas.com - 25/07/2021, 16:30 WIB
Foto yang diambil dengan kamera robot ini memperlihatkan reaksi Windy Cantika Aisah dari Indonesia saat bertanding di cabang olahraga angkat besi 49kg putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum di Tokyo pada Sabtu 24 Juli 2021. Berikut ini klasemen medali Olimpiade Tokyo. CHRIS GRAYTHENFoto yang diambil dengan kamera robot ini memperlihatkan reaksi Windy Cantika Aisah dari Indonesia saat bertanding di cabang olahraga angkat besi 49kg putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum di Tokyo pada Sabtu 24 Juli 2021. Berikut ini klasemen medali Olimpiade Tokyo.

KOMPAS.com - Bendera merah putih berkibar di Olimpiade Tokyo 2020 setelah atlet angkat besi Windy Cantika Aisah sukses menyabet medali perunggu, Sabtu (24/7/2021). 

Cantika yang turun di kelas 49 kg putri merupakan satu dari lima wakil Indonesia di cabang angkat besi.

Dengan total angkatan 149 kg pada babak final, ia sukses menempatkan namanya di peringkat tiga, mengalahkan atlet Taiwan yang berada di posisi empat.

Baca juga: Kisah Medali Olimpiade Windy Cantika, Kenangan Barbel Semen hingga Kebebasan

Darah atlet dari ibu

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa gadis kelahiran 11 Juni 2002 ini mempunyai garis keturunan olahragawan. 

Ya, Cantika merupakan anak dari Siti Aisyah, atlet angkat besi Indonesia era 1980-an.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siti pernah meraih medali perunggu pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi tahun 1998.

"Waktu itu Mama sering ngelatih kakak. Nah, sering diajakin waktu kelas 2 SD. Mama sering bilang, ayo ikut latihan. Ya udah, Cantika ikut. Tapi masih dikasih kaya batang-batang itu, teknik-teknik itu," kata Cantika dikutip dari Harian Kompas, 6 April 2019.

Sejak kecil ibunda Cantika sering bercerita mengenai pengalamannya ketika menjadi atlet.

"Sebelum saya tidur, ibu bercerita mengenai pengalaman-pengalaman di Pelatnas, rasa bangga tampil di kejuaraan, dan pengalaman saat ikut kejuaraan di Amerika Serikat," kata Cantika.

Terinspirasi jadi atlet

Cerita dari ibunda itu pun menginspirasi Cantika.

Ketika duduk di kelas 5 SD, ia bergabung di klub angkat besi dan dibina langsung oleh mantan lifter nasional Maman Suryaman.

Kini, anak ketiga dari tiga bersaudara itu menjadi andalan atlet angkat besi Indonesia dan diplot sebagai pengganti Sri Wahyuni.

Baca juga: Windy Cantika Besar di Keluarga Atlet, Begini Cerita Orangtuanya

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.