Alami Anosmia? Cobalah Sambal Bawang Agar Selera Makan Meningkat

Kompas.com - 25/07/2021, 12:45 WIB
Anosmia juga bisa menyebabkan hilangnya selera makan pada individu yang menderitanya. FREEPIK/KARLYUKAVAnosmia juga bisa menyebabkan hilangnya selera makan pada individu yang menderitanya.

KOMPAS.com - Anosmia adalah gejala neurologis berupa kehilangan penciuman sementara yang membuat selera makan turun. Agar asupan makanan gizi tetap terjaga, Anda yang positif Covid-19 disarankan mengonsumsi masakan pedas.

Gangguan pada indera penciuman ini banyak dilaporkan sebagai gejala ringan oleh mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19. Selain tak bisa mencium bau, biasanya mereka merasakan gangguan pada indera perasa.

Alhasil, kondisi ini dapat memengaruhi selera makan seseorang. Padahal, menjaga asupan makanan bergizi adalah hal yang tak kalah penting di saat terinfeksi Covid-19.

Pakar teknologi pangan dari Chlorophyll Scientific Consulting, Daisy Irawan, membeberkan beberapa cara mengakali gangguan akibat anosmia ini.

Daisy mengatakan, asupan makanan bergizi yang cocok bagi pasien Covid-19 tetap berpedoman pada konsep yang sudah lama dianut bangsa Indonesia, yakni Empat Sehat Lima Sempurna.

"Artinya terdiri dari beraneka ragam makanan, tentunya dengan gizi yang cukup.  Nasi sebaiknya jangan terlalu banyak, tapi sayuran dan buah ditambah,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/7/2021).

Jangan lupa juga soal asupan protein. Karena porsi nasi dikurangi, porsi protein ditambah menjadi dua kali lipat. “Misalnya biasa makan tempe dua potong, ditambahkan menjadi empat.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu bagaimana jika tetap tak berselera makan lantaran tak bisa mencium aroma makanannya? Berikut beberapa triknya:

Baca juga: Catat, Ini Perbedaan Anosmia Akibat Covid-19 dan Flu Biasa

Buat tampilan makanan semenarik mungkin

Daisy memaklumi apabila selera makan mendadak hilang jika tidak bisa mencium aroma makanan. Untuk mengatasinya, makanan sebaiknya ditata cantik agar penampilannya lebih menarik.

Lulusan Sarjana Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada itu membandingkannya dengan stereotip bubur untuk orang sakit.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.