3 Alasan Kuat Indonesia Harus Mengutang Lagi Menurut Sri Mulyani

Kompas.com - 25/07/2021, 11:53 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020). BPMI SetpresMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020).
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Indonesia harus mengutang lagi saat kondisi pandemi virus Covid-19 dan Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan alasan kuatnya.

Berikut tiga alasan kuat Indonesia harus mengutang lagi menurut Menkeu sebagaimana dilansir dari Kompas Money, Minggu (25/7/2021).

1. Menutup defisit

Menkeu Sri Mulyani mengatakan, tambahan utang sangat diperlukan untuk menutup defisit yang kian membengkak. Hal itu terjadi akibat besarnya pengeluaran pemerintah.

Sri Mulyani mengibaratkan kondisi keuangan Indonesia itu adalah besar pasak daripada tiang.

2. Penanganan kesehatan

Menurut Menkeu, Indonesia harus mengutang lagi demi menutupi kebutuhan anggaran kesehatan. Tambahan utang itu untuk persediaan anggaran penangaan kesehatan sesuai kebutuhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sri Mulyani Beberkan Alasan Harus Tambah Utang Negara saat Pandemi

Ia menegaskan bahwa menyelamatkan nyawa manusia itu tidak bisa ditawar, sehingga mau tidak mau Indonesia harus mengutang lagi. Ditambah penanganan pandemi yang lama ini berisiko merusak perekonomia negara.

3. Danai program jaring pengaman sosial

Sri Mulyani juga menyebutkan alasan lain Indonesia harus mengutang lagi, yakni untuk mendanai sejumlah program jaring pengaman sosial.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.