Kompas.com - 10/07/2021, 06:02 WIB
Ilustrasi anosmia, kehilangan penciuman SHUTTERSTOCK/VIALANTSINIlustrasi anosmia, kehilangan penciuman

KOMPAS.comKehilangan indra penciuman dan perasa atau anosmia adalah salah satu gejala Covid-19 yang umum dialami.

Meski anosmia bisa dialami hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, gejala ini disebut petanda baik bagi pasien Covid-19.

Pada awal tahun 2021, dua penelitian internasional membuktikan bahwa indra penciuman dan perasa yang hilang untuk sementara waktu adalah gejala Covid-19 yang dialami oleh sebagian besar pasien.

Selain itu, para penelitia mengatakan bahwa anosmia akibat Covid-19 adalah indikator yang baik dari paparan virus corona.

Dilansir Healthline melalui KOMPAS.com, sekitar 86 persen pasien Covid-19 mengalami gejala hilang penciuman dan perasa.

Baca juga: Kehilangan Indra Penciuman dan Perasa Bisa Jadi Pertanda Baik Covid-19

Senada dengan hal tersebut, pasien Covid-19 yang mengalami anosmia umumnya (hampir 55 persen) mengembangkan gejala ringan, menurut riset pada bulan Januari 2021 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum diketahui secara pasti, mengapa orang yang mengalami kehilangan indra penciuman dan perasa mengembangkan gejala Covid-19 yang ringan.

Meski demikian, peneliti menduga, pasien Covid-19 yang mengalami anosmia mungkin memiliki gejala ringan akibat antibodi tertentu dengan kadar yang lebih tinggi untuk mengatasi paparan virus corona.

Dr. Jonathan Overdevest, asisten profesor rinologi dan bedah dasar tengkorak di Columbia University, mengatakan bahwa kaitan antara anosmia dan gejala ringan Covid-19 belum diketahui secara pasti.

“Kita tahu bahwa kehilangan penciuman karena Covid-19 lebih dari mekanisme sederhana yang terjadi pada infeksi saluran pernapasan musiman, yakni ketika gejala umum seperti hidung tersumbat dan pilek mengakibatkan aliran udara yang buruk dan berkurangnya pengiriman bau ke daerah hidung yang bertanggung jawab pada bau,” ujar Overdevest.

Baca juga: 6 Obat Alami untuk Mengatasi Anosmia Akibat Covid-19

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.