Cerita Mahasiswa Blusukan Salurkan Bantuan untuk Warga yang Isoman

Kompas.com - 25/07/2021, 17:00 WIB
Wisnu Sopian (25) menyusuri gang kecil di daerah Bojong, Cianjur, Senin (19/7/2021) untuk memberikan bantuan makanan bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANWisnu Sopian (25) menyusuri gang kecil di daerah Bojong, Cianjur, Senin (19/7/2021) untuk memberikan bantuan makanan bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

KOMPAS.com - Sejak dua minggu lalu, Wisnu Sopian berjuang blusukan hingga puluhan kilometer untuk membantu warga.

Mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta ini melakukan aksi sosial sejak 8 Juli 2021, dengan menyalurkan bantuan kepada 50 orang warga yang memerlukan kebutuhan pokok.

Mengutip Kompas.com, Wisnu berjalan sendirian masuk ke gang permukiman padat penduduk dan menyusuri jalan setapak perkampungan untuk memenuhi permintaan warga yang terpapar Covid-19.

Wisnu biasanya bisa mengirimkan paket bantuan ke lima tempat rumah warga yang sedang isolasi mandiri dalam sehari.

“Paling jauh ke daerah Ciranjang dan Cibeber, kalau dari sini jaraknya sekitar 40 kilometer,” kata Wisnu, Sabtu (24/7/2021).

Sejauh ini, semua kebutuhan yang diminta warga isoman bisa terpenuhi, kendati tak jarang ia baru bisa pulang ke rumah saat hari sudah gelap.

Baca juga: Mari Bantu Perjuangan Wisnu Penuhi Kebutuhan Warga Isoman

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kebutuhan yang diberikan sesuai yang diminta mereka, seperti makanan, suplemen, buah-buahan, vitamin, susu hingga popok bayi,” ujar Wisnu.

Wisnu mengatakan, apa yang dilakukannya atas inisiatif sendiri untuk meringankan beban kebutuhan warga kurang mampu yang sedang isoman.

"Harus diam di rumah selama 14 hari bagi mereka yang berpenghasilan kecil tentu berat. Mereka tidak bisa ke mana-mana, tidak bisa bekerja. Uang jadi tidak punya, sementara kebutuhan sehari-hari harus tetap terpenuhi. Di sisi lain, mereka ternyata minim perhatian," ujar Wisnu.

Aksi Wisnu ini pun menuai pujian. Bahkan sejumlah donatur memintanya untuk membuka donasi karena ingin ikut berpartisipasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.