Ahli Peringatkan Kemungkinan Adanya Varian Baru Corona Asal Indonesia

Kompas.com - 24/07/2021, 16:20 WIB
Ilustrasi virus corona SHUTTERSTOCK/ker_viiIlustrasi virus corona

KOMPAS.com – Hingga saat ini, terdapat empat varian virus corona yang dikategorikan sebagai variant of concern dan telah terdeteksi di Indonesia, salah satunya adalah varian Delta.

Melalui sampel yang diambil di Jakarta dan Palembang pada Januari lalu, varian Delta pertama kali terdeteksi.

Penularan varian Delta yang sangat cepat membuatnya mudah menyebar ke berbagai wilayah lain di Indonesia dan mendominasi kasus Covid-19.

Menurut Dicky Budiman, epidemiolog dan dosen di Griffith University Australia, setiap virus berpindah inang, ia akan mengalami cacat atau mutasi kecil.

Alhasil, virus bisa melemah atau justru menguat. Dicky mengatakan, potensi virus menguat akan semakin tinggi seiring dengan tingkat penyebarannya.

Baca juga: Waspadai, Berikut Ini 12 Gejala Covid-19 Varian Delta

“Ketika penyebaran Covid-19 semakin tidak terkendali, maka potensi mutasi akhirnya akan melahirkan varian baru yang merugikan masyarakat. Pada negara-negara yang menghasilkan varian mutasi baru ini, umumnya positivity rate-nya jauh di atas 10 persen. Artinya, sangat tidak terkendali,” ujar Dicky kepada DW Indonesia, sebagaimana diberitakan Kompas.com (19/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Menurut saya, di Indonesia sudah ada varian asli Indonesia yang tidak ditemukan di dunia. Kita perlu surveillance genome (pemantauan genom virus) yang memadai,” imbuhnya.

Dicky menjelaskan, ada tiga kriteria yang harus dipenuhi virus varian baru agar masuk kategori yang mengkhawatirkan.

Tiga kriteria tersebut adalah kecepatan penularan, kemampuan menimbulkan gejala yang parah bahkan kematian, dan kemampuan menurunkan efikasi antibodi setelah vaksinasi.

Jika varian baru virus corona memenuhi tiga kriteria tersebut, ia disebut sebagai varian Super.
Varian Delta yang pertama kali dideteksi di India mendekati varian itu (varian Super). Mendekati saja sudah bisa seperti ini,” kata Dicky.

Baca juga: Virus Corona dan Alasan XXI Hentikan Operasional Sementara Bioskop...

Halaman:

Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.