Kronologi Warga Madura Demo Tolak Penyekatan Suramadu, Berikut Tuntutannya

Kompas.com - 22/06/2021, 17:30 WIB
Aksi Demonstrasi Warga Madura Mengatasnamakan Koalisi Masyarakat Madura Bersatu di Depan Kantor Balai Kota Surabaya, Senin (21/6/2021) KOMPAS.COM/MUCHLISAksi Demonstrasi Warga Madura Mengatasnamakan Koalisi Masyarakat Madura Bersatu di Depan Kantor Balai Kota Surabaya, Senin (21/6/2021)

KOMPAS.com - Jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura, Suramadu belakangan sedang jadi sorotan.

Pasalnya, kericuhan beberapa kali terjadi di pos penyekatan. Seperti diberitakan Kompas.com, kericuhan terjadi pada Jumat (18/6/2021) dan Selasa (22/6/2021) pagi.

Selain itu, warga Madura melakukan aksi demo di kantor Balai Kota Surabaya, Senin (21/6/2021). Mereka menolak adanya pos penyekatan dan tes swab di Suramadu.

Lantas, bagaimana awal terjadinya kericuhan tersebut?

Baca juga: Usai Kericuhan di Pos Penyekatan, Wali Kota Eri: Ini Bukan Titik Penyekatan Surabaya, tapi Madura...

Kronologi kericuhan

Posko penyekatan ditempatkan di 2 sisi jembatan Suramadu, sejak 5 Juni 2021.

Pos ini menyediakan layanan tes antigen kepada semua pengguna jalan. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kasus Covid-19 di Bangkalan beberapa waktu terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diberitakan Kompas.com, Jumat (18/6/2021), dalam video yang tersebar di media sosial, puluhan warga mengantre sambil berteriak meminta KTP kepada petugas administrasi penyekatan.

Beberapa saat kemudian warga pun merusak meja administrasi yang berisi tumpukan berkas tes antigen. Meja terlihat rusak dan berkas pun berserakan.

Terpantau petugas berseragam polisi dan TNI serta Satpol PP ikut mengamankan suasana dengan mendorong mundur kerumunan warga dari meja administrasi.

Dalam video lainnya, terdengar suara warga yang mengeluhkan KTP hilang saat tes swab di pos penyekatan Suramadu sisi Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X