Kenali Perbedaan Gejala Umum Covid-19 dengan Varian Delta, Apa Saja?

Kompas.com - 22/06/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19 SHUTTERSTOCK/FunKey FactoryIlustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19

KOMPAS.com - Kasus virus corona Covid-19 di Indonesia melonjak dalam beberapa hari terakhir. Jumlah total infeksi Covid-19 yang dilaporkan bahkan melewati 2 juta kasus. 

Indonesia hingga Selasa (22/6/2021) mencatat 2.004.445 kasus Covid-19 dengan korban meninggal sebanyak 54.956 orang dan pasien pulih 1.801.761 orang. 

Lonjakan kasus virus corona di Indonesia disebabkan karena mobilitas warga selama Lebaran dan dipicu munculnya virus corona varian Delta.

Menurut ahli, varian Delta atau B.1.617.2 disebut memiliki kemampuan lebih menular dan memicu pasien yang terinfeksi mengalami gejala yang parah.

Baca juga: Kasus Tembus 2 Juta, Ini 7 Cara Mencegah Tertular Corona Varian Delta

Apa saja perbedaan antara gejala umum Covid-19 dengan gejala pasien yang terinfeksi varian Delta?

Gejala umum Covid-19

Mengutip Kompas.com, (17/4/2020), gejala infeksi virus corona umumnya muncul pada periode masa inkubasi atau sekitar 2-14 hari setelah terpapar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini rinciannya:

1. Batuk kering

Batuk merupakan gejala umum dari infeksi virus corona. Namun, batuk yang muncul bukan batuk biasa.

Seseorang yang terinfeksi Covid-19 akan merasakan batuk yang sangat mengganggu, yang terasa seolah berasal dari sesuatu yang jauh di dalam dada.

2. Napas Pendek

Sesak napas umumnya muncul sebagai tanda penyakit mencapai tahap serius. Bahkan, gejala ini bisa muncul tanpa diiringi dengan batuk.

Para ahli mengatakan, jika seseorang merasakan kondisi dadanya seperti diikat atau mulai merasa kesulitan untuk bernapas, maka segera hubungi penyedia layanan kesehatan.

Baca juga: Yang Diketahui Sejauh Ini soal Virus Corona Varian Delta

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X